Voice Of Merta Mupu

Voice Of Merta Mupu : Cerita Tak Tertata

Motivasi Menulis

Channel Youtube

Pengaruh Nama dalam Pernikahan


Kemarin saya mimpi tentang penyebab penderitaan salah satu sepupuku, dimana salah satu penyebab penderitaannya adalah faktor nama antara dia dengan suaminya. Awalnya aku mimpi berada di depan rumah gadis pujaan hati, disana aku membuat adonan semen (luluh), lalu dipasangkan di halaman rumahnya. Tiba-tiba suasana berubah, namun lokasi masih sama, kali ini aku membuat adonan untuk membuat batako menggunakan alat kayu. Aku dibantu Wayan Alas, suami dari sepupuku. Setelah selesai beberapa cetakan, lalu wayan Alas menyemai beberapa biji semangka ke dalam batako. Dia berharap biji semangka itu tumbuh kembang disana.

Ketika aku sadar dari mimpi dan merenungkan, aku maknai bahwa mimpi ini pertanda baik-buruk. Adonan (Luluh) maknanya aluh (mudah), artinya akan diberikan kemudahan. Begitu pula membuat batako, artinya ada kemudahan yang akan terbentuk. Tetapi di balik kemudahan itu ada benih-benih penderitaan (makna biji semangka. Semangka maknanya bangka/mati, dalam konteks mimpi maknanya sakit atau derita).

Tentu hal itu membuatku sedih. Aku berpikir bahwa hubunganku dengan dia yang disayang akan mudah bersatu tetapi di balik kemudahan itu ada benih-benih penderitaan. Aku anggap bahwa dewata kurang merestui perjuanganku. Lalu aku berdoa dalam hati, "Tuanku, apa sebenarnya yang akan terjadi antara aku dengan dia, apakah Tuanku tak merestuiku untuk mencintainya?"

Dalam hitungan detik aku langsung tertidur dan mimpi lagi. Dalam mimpi itu aku berada di rumah sepupuku (isterinya wayan), disana aku melihat tante dan sepupuku duduk malas-malasan. Melihat mereka aku merasa marah, lalu menuding tanteku dengan tangan kiri, "Dasar pengkung sing dadi orahin. Ba tuturin orahin nganti adan. Tawang sangkana rampen demen malas-malasan sing kitana ngudiang. Keto masi penderitaan selama ini. To nak ulian patemuan adani jelek." Ujarku membentak tanteku.

"Tawang artini (patemuan adan) Nyoman Rampen ajaka Wayan Alas? Menpen ala artini tow!" Ujarku lagi.

Begitu tersadar dari mimpi, aku mengelus dada dan bersyukur. Ternyata makna buruknya bukan ke saya, melainkan mimpi ini bercerita tentang keluarga sepupuku. Sebagaimana penafsiran di awal mimpi di atas, saya mengabaikan makna kehadiran suami sepupuku (Wayan Alas) dalam mimpi. Disitulah kekeliruan saya menterjemahkan mimpiku, kurang detail memaknai cerita lengkapnya. Disinilah rumitnya menterjemahkan mimpi. Seringkali mimpi itu kita anggap bercerita tentang diri sendiri, tetapi ternyata sebagian bercerita tentang orang lain. Mimpi di atas, baiknya bermakna ke saya, namun makna buruknya ke keluarga sepupu.

Setelah menyadari bahwa sepupuku disuruh ganti nama karena berdasarkan perjodohan nama bermakna buruk yaitu Nyoman Rampen - Wayan Alas maknanya 'Menpen Ala' (menimbun keburukan). Lalu aku berdoa lagi, supaya bila ditanya soal nama penggantinya bisa memberikan solusi. 'Tuanku, berkenanlah paduka memberi petunjuk, siapakah nama yang tepat untuknya agar perjodohannya jadi baik?"

Antara sadar dan tidak, aku merasa berada di rumah tanteku dan melihat wayan Alas, lalu muncul nama 'Arta Sasmita' dari pikiranku. Begitu buka mata, "Kok kayak nama cewek ya?" Pikirku. Lalu teringat bahwa nama menteri sosial juga begitu: Agus Gumiwang Karta Sasmita.

Lalu kumaknai nama Rampen - Arta Sasmita: Menpen Arta (menimbun kekayaan).

Percaya tak percaya, temu sorot berdasarkan nama dalam pernikahan itu berpengaruh dalam kehidupan kita. Pernah ada yang bercerita ke saya, dia bermimpi disuruh ganti nama karena nama mereka bermakna buruk bila digabungkan dengan nama suaminya. Tetapi tidak diganti karena kurang percaya.. yang terjadi kemudian hingga tiga kali melahirkan anaknya selalu meninggal. Dalam keputusasaan, dia bermimpi disuruh ganti nama lagi, bahkan namanya diberikan dalam mimpi. Lalu dituruti, dan setelah itu melahirkan hingga anak ke enam, semuanya selamat.

Ada juga kasus sebuah keluarga, selalu keguguran. Setelah konsultasi ke bapakku, disuruh ganti nama. Sekarang sudah melahirkan dengan selamat. 

Aku bersyukur, walau belum tahu siapa akan jadi isteriku, tetapi sudah disediakan nama yang kudapat dari dalam mimpi agar perjodohan berdasarkan nama bermakna baik. Bahkan nama anakku sudah ada.. didapat dari mimpi juga. Ngegemesin deh.. Itulah sebabnya aku begitu yakin bahwa aku akan punya isteri dan anak. 

Percaya tak percaya...
Labels: Mimpi

Thanks for reading Pengaruh Nama dalam Pernikahan. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengaruh Nama dalam Pernikahan"
Back To Top