Voice Of Merta Mupu

Voice Of Merta Mupu : Cerita Tak Tertata

Motivasi Menulis

Channel Youtube

Mimpi Melepas Burung Perkutut, Pertanda Batal Nikah


Biasanya mimpi saya tentang jodoh bermakna baik, bahkan bisa dikatakan hari pernikahan itu sudah dekat. Namun semalam mimpi yang menegangkan, bila diterjemahkan pertanda akan batal menikah (?), bisa dibilang menyanggah mimpi-mimpi sebelumnya. Cerita mimpinya sebagai berikut:

Berada di timur laut rumah, dekat sungai. Disana saya melihat burung perkutut (kukur) bertengger di dahan kayu. Ingatnya, burung perkutut tersebut penjelmaan bapak Jero S (seorang pemangku, sekaligus calon dprd). Perkututnya lompat kesana kemari, tak mempedulikan saya.
"Kesini!" Panggilku. Ia tak mempedulikanku.
"Sombong banget kamu ya!" Gerutuku dalam hati.
Tiba-tiba perkutut itu sudah ada dalam genggamanku. Ternyata ia berbulu putih abu-abu, namanya Puteh (perkutut bulu putih). Ingatnya, dulu pernah melihat Puteh ini di suatu tempat. "Puteehh... Apakah engkau yang aku cari selama ini? ..... " Tanyaku padanya, merasa ragu. Aku melihat si Puteh merasa tertekan dan bersedih.

Melihat keadaan itu, aku melepasnya. Meski saat melepasnya hanya satu, namun saat terbang jadi tiga ekor yaitu si Puteh, Ayah dan Ibunya. Terbanglah si puteh ke arah barat ke sebelah kiriku. Namun ia belum mampu terbang tinggi, karena masih muda, malah ia terjatuh. Sedangkan bapaknya terbang ke arah utara di tepi hutan. Sepintas aku melihat bapaknya si puteh hampir tersetrum listrik gara-gara terbang hampir menyentuh kabel listrik. Begitu pula ibunya terbang ke utara ke sebelah kananku. Sesaat aku melihat ibunya sedih saat melirikku. Aku juga sedih melihatnya. Aku berharap mereka bisa bersatu pada waktunya, meski saat ini mereka terbang berbeda haluan, terutama anaknya yang masih muda, yang terbang ke arah barat.

Tak lama kemudian aku berjalan ke utara, menanjak. Tak jauh berjalan, aku melihat dua ekor anjing. Di belakangnya aku melihat kakakku berdiru. Anjing itu galak dan menyerangku, sepertinya anjing rabies. Aku menghindar, lalu ku hantam mereka dengan gabus berulang kali. Salah satu anjing itu berhasil menerkam tangan kiriku hingga berdarah. Perasaanku begitu tegang menghalau dua anjing ganas sekaligus. Kuhantam lagi...
TAMAT.

Saat tersadar dari mimpi, masih terasa peristiwa menegangkan itu, kepala terasa panas. Setelah merenungkan artinya, aku sedih banget. Mungkin sudah nasibku mengalami perjalanan asmara seperti ini.
Kukur (perkutut) maknanya kurenan (isteri). Melepas perkutut maknanya melepas calon isteri, membiarkannya menjadi milik orang lain. Sedangkan obrolan dengan si puteh itu adalah peristiwa yang terjadi antara saya dan orang yang kusayangi, yang telah kurelakan bersama lelaki lain. Sedangkan ibu dan bapaknya simbolis dari orang tua si dia.
Yang agak ngeri itu makna berantem dengan anjing, ini sebuah simbolis akan adanya pertengkaran dengan seseorang, entah secara langsung atau pun serangan black magice. Namun saya dinasehati untuk tetap bersikap lembut seperti gabus, meski akan ada yang berhasil mencelakai. Namun kakakku yang telah tiada, dari alam sana akan selalu menjagaku.

Aku percaya, ketika kita iklas melepaskan seseorang yang disayang, Tuhan akan membawakan kita yang lebih baik dari dia, sepanjang kita tak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum langit.

*Semoga kamu bahagia bersamanya.
Labels: Mimpi

Thanks for reading Mimpi Melepas Burung Perkutut, Pertanda Batal Nikah. Please share...!

0 Komentar untuk "Mimpi Melepas Burung Perkutut, Pertanda Batal Nikah"
Back To Top