Voice Of Merta Mupu

Voice Of Merta Mupu : Cerita Tak Tertata

Motivasi Menulis

Channel Youtube

Nangun Yadnya, Wajb Mapiuning ring Sanghyang Surya

Krama dadya sedang melaksanakan upacara Yadnya. Yang menjadi pimpinan nganteb pak jro S (pemangku Ratu Ayu gunung Sari), sedangkan saya jadi pendampingnya. Setelah usai, lalu saya mau nunas tirta yang ada di sangku (terbuat dari periuk tanah). Betapa kagetnya saya, ternyata tirtanya habis meresap sehingga tak ada tirtanya.

"Mihh, sing ba ada tunas!" (Tak ada berkah yang didapat). Gerutuku.
"Sangkan keto pasti sing mapiuning ke Surya tow?" Tanya pak jro S.

Setelah saya amati, ternyata memang benar tidak ada banten piuning untuk Sanghyang Surya, padahal setiap melaksanakan suatu Yadnya wajib hukumnya 'mepiuning' kepada Ida Sanghyang Surya. Sedih banget rasanya tirta yang seharusnya 'ditunas' sudah habis, hingga dada terasa sesak. Sesaknya itu sampai terasa saat terbangun.

"Kok saya mimpi begitu, apa artinya ya?" Tanyaku dalam lubuk hati. Lalu tertidur dan beimimpi lagi. Ceritanya kembali lagi ke lokasi dalam mimpi di atas. Disana saya mendekati bapakku, "Guru.. kene laja arti mimpi tiange to jee: MepiuNING to artini ning. Sing ada banTEN piuNING artini sing ning (ten ning) ranga keneh tiange ngayah di pura." Ujarku kepada bapakku.

Gara-gara ngayah di pura setengah hati, jadi diberi petunjuk seperti itu oleh-Nya. Saya ngayah setengah hati akibat panen tomat satu ton belum ada kepastian pembelinya sehingga pikiran lebih fokus ke bisnis. Setelah terjual baru saya ke pura, dan malamnya mimpi seperti itu.

Mimpi di atas seolah-olah bercerita betapa pentingnya banten piuning ke Surya bila melaksanakan suatu Yadnya, namun di satu sisi dia memiliki arti simbolis yang sarat makna, bahwa saya diingatkan untuk 'meresapi' bila ngayah ataupun melaksanakan suatu yadnya, wajib hukumnya dilandasi rasa iklas (hening ring kayun) supaya mendapat berkah dari-Nya.

*Betapa mengagumkannya sebuah cerita mimpi. Di satu sisi berupa tutur, di lain sisi bermakna simbolis: satu cerita dua nasehat, dua makna.
Labels: Mimpi

Thanks for reading Nangun Yadnya, Wajb Mapiuning ring Sanghyang Surya. Please share...!

0 Komentar untuk "Nangun Yadnya, Wajb Mapiuning ring Sanghyang Surya"
Back To Top