Voice Of Merta Mupu

Voice Of Merta Mupu : Cerita Tak Tertata

Motivasi Menulis

Channel Youtube

Kumpulan Mimpi Singkat dan Maknanya

Saya mencoba melacak kembali beberapa mimpi yang pernah saya alami yang sempat ditulis di facebook. Lalu dihimpun menjadi satu, terutama mimpi yang singkat-singkat dengan pembahasan sederhana, tanpa ada editan, dicopy apa adanya sebagaimana yang diupdate di facebook. Berikut beberapa kumpulan mimpi yang kiranya menarik untuk dicermati:

Ternyata Ada 'Pis Bolong Empet'
-
Sejak jaman old hingga jaman now yang namanya pis bolong pastilah bolong atau berlubang, umumnya bertuliskan aksara China. Pis bolong ini merupakan pengaruh budaya China di Bali terutama di bidang perdagangan. Saking besarnya pengaruh China hingga alat pembayaran menggunakan koin bertuliskan aksara China. Menurut sebuah penelitian ternyata pis bolong tidak hanya bertuliskan aksara China, melainkan juga ada bertuliskan aksara Korea. Hingga sekarang pis bolong ini masih dipakai sarana upacara karena kandungannya panca datu: emas, perak, perunggu, besi, baja, mirah.

Beberapa pis bolong ini memiliki nilai magis seperti pis Rejuna untuk memikat wanita, pis Kresna untuk wibawa agar saat bicara dihargai karena bijaksana. Ada pula pis bolong yang bertuliskan aksara Bali yang disakralkan seperti aksara Panca Brahma.

Nah, kemarin saya kepica pis bolong empet. Ceritanya saya berada di utara rumah di tempat keramat sekira setengah kilo dari rumah. Disana saya bersama bapak menghancurkan bebatuan dekat palinggih. Di bawah palinggih di antara bebatuan hancur itu saya menemukan pis bolong, tapi uniknya pis bolong ini tidak berlubang, pis bolong empet.

'Ternyata ada pis bolong empet" kataku dalam hati, merasa heran. Lalu saya mendekati bapak saya, lagi menemukan pis bolong, ternyata pis bolong yang hilang waktu ini (bertuliskan aksara panca brahma).
Di sebelah bapakku ada satu keluarga lainnya dan memperhatikan pis bolong tersebut. "Walau pis bolong ini terlihat sederhana tetapi multifungsi dan memiliki kekuatan magis karena waktu ini dipasupati oleh bapakku." Ujarku menjelaskan.

Lalu tersadar, ternyata cuma mimpi. Mimpi menemukan pis bolong pertanda buruk, akan sakit luka-luka (berlubang). Tapi dalam konteks ini makna pis bolong empet bermakna ane bolong empet: yang berlubang ditutup. Maksud mimpi ini keluarga saya disuruh menutup pintu dapur yang menghadap ke kamulan berdekatan; pintu numbak kamulan. Pintu salah konsep. Waktu dibuat oleh tukangnya sempat memperdebatkannya, tapi kata bapakku tak apa-apa. Eh beberapa waktu lalu sampai tiga kali mimpi ada jalan numbak umah guru P. Maksudnya jelanan (pintu) numbah umah bhatara hyang guru (kamulan).

Sumber Kebenaran
-
Lagi asik menonton acara TV saya melihat sebuah pengumuman berupa siaran langsung. Disana terlihat seorang sulinggih terbaring, beliau telah wafat. Jazadnya cukup tinggi ditempatkan, sekira 10 M tingginya. Di papan bawah kaki terlihat nama Sulinggah yang wafat bergelar Amengku Bumi .... mantan seorang raja dari puri Gianyar.

"Gelarnya aja raja tapi gak ada rakyatnya." Aku menggerutu dalam hati. Eh tiba-tiba sulinggih bangkit, hidup, lalu berceramah, "Sumber kebenaran itu Atattwa (tak dapat dipercaya) dan Tattwa (terpercaya, bersumberkan pada Tuhan). Atattwa dibagi menjadi dua: pengalaman hidup dan..."
Keburu bangun...

Mimpi demikian bagusnya keburu selesai, padahal bisa ditafsirkan mimpi itu sabda dewa: makna ceramah sulinggih, lebih-lebih bergelar Amengku bumi, artinya Yang Kuasa atas alam semesta.

Sepertinya mimpi ini menyangkal hifotesa saya, soalnya menjelang mimpi di atas saya berpikir bahwa berdasarkan pengalaman saya kita bisa melupakan mimpi saat tersadar dari mimpi akibat kita terselubung oleh perbuatan dosa, sehingga pikiran sadar kita tidak mampu mengakses gelombang energi semesta yang membawa pesan melalui indera keenam kita. Saya mengambil kesimpulan demikian setiap saya melakukan perbuatan dosa, misalnya berpikir memperkosa seorang gadis sambil memperkosa diri sendiri (hahaha), sering lupa pada mimpi yang dialami. Begitu juga kemarin, memperkosa diri sendiri, eh tadi pagi mimpi dua kali tetapi saya lupa pada cerita mimpinya. Setelah merenung begitu, hilang kesadaran dan mimpi seperti di atas.

Baca Novel Berlanjut ke Dalam Mimpi
-
Tadi sekitar jam 4 sore mengalami hal lucu, saya sedang asik membaca novel tetapi tiba-tiba mendapat tenger dipikirkan seseorang. Lalu saya mengantuk berat, mungkin efek dipikirkan secara terfokus. Kemudian tidur dan mimpi. Dalam mimpi itu saya melanjutkan baca novel di HP, membaca halaman berikutnya. Tulisan pada novel itu berubah-ubah: pada baris awal warna hitam, baris berikutnya warna hijau (warna gadang). Demikian berubah-ubah seterusnya hingga saya selesai membaca novel.

Pada bagian akhir novel tersebut berisi profil penulis (dalam kenyataan tidak ada). Ternyata sang penulis pernah menulis novel lainnya berjudul 'satire', dipublikasikan di luar negeri, berbahasa inggris.
Saya memaknai bahwa ada seorang wanita merasa sedih atau berduka (makna tulisan hitam) sedang mengintai saya di facebook (makna isyarat HP dan buku novel). Di satu sisi dia merasa sayang (makna warna gadang/hijau). Penyebab dia merasa sedih bercampur sayang itu akibat status saya yang menggelikan sekaligus bisa membuat cemburu (makna satire). Soalnya satire (bahasa inggris) itu artinya gaya humor yang sifatnya sindiran.
*Bahasa cinta dalam mimpi.


Mimpi Itu Adalah...

"Sesungguhnya mimpi merupakan lontar tanpa tulis." Ujarku pada guru P.

"Lontar tanpa tulis diturunkan dari kanda pat." Pikirku.
Obrolan dalam mimpi tadi malam. Seringkali dalam mimpi kita dapat pengetahuan. Obrolannya seolah-olah kita memberitahu orang lain, padahal maksud sebenarnya dewalah yang memberitahu kita.
"Mimpi itu pengetahuan tentang mata" ujar bapak saya, lalu mata saya nelik dan berkedip dua kali. 

*Mimpi.
Tafsirnya bahwa mimpi berfungsi untuk memata-matai, melihat-lihat dengan mata batin dalam bentuk cerita yang memiliki makna simbolis; untuk mengetahui siapa yang berniat jahat kepada kita, siapa yang menolong kita dari alam niskala, bagaimana perasaan seseorang, apa yang akan terjadi, dan lain sebagainya.

Asyik! Baca Cerpen Asmara
-
Lagi jalan-jalan bersama sepupu, Dedi, jalan kaki. Lalu datang kakak Dedi yang cewek, Pen, dari arah selatan. Menariknya, dia jalan mundur, "Weee.. ngapain jalan mundur! Pasti lagi kangen sama mantannya ya?" Tanyaku bersenda gurau. Ternyata, Pen dalam kesedihan, mungkin benar merindukan seseorang.

Ia tak mempedulikan saya dan adiknya, dedi. Lalu saya melanjutlan perjalanan ke arah utara dan di perjalanan baca kompasiana, terlihat satu artikel fiksi, judulnya, "Yang Terkenang". Belum baca keburu bangun. 'Kok mimpi begitu ya?"

Belum sempat menafsirkan mimpi, lagi tertidur dan mimpi. Mimpi baca kompasiana, lagi membaca cerpen asmara, judulnya "Alya, Kenangan Terindah". Langsung tersenyum dengan mimpinya. Dugaanku pasti ada cewek yang merindukan saya dan ia ingat dengan peristiwa yang sudah pernah terjadi (makna dari judul cerpen Yang Terkenang). Barangkali dia menganggap kisah cintanya dengan saya sebagai Yang Terindah walau bermusuh-musuhan.



Pelajaran Memaknai Mimpi dalam Mimpi

Dua hari berturut-turut dapat makna mimpi dalam mimpi.

1. Mimpi melihat salah satu keluarga dari ibu jatuh dari tebing. Tiba-tiba ada yang bicara, tak tahu dari mana, dia bilang gini, "Yen ngipi ada anak jatuh ke jurang, wenang tebusin." (Kalau memimpikan seseorang jatuh ke jurang hendaklah dibuatkan ritual nebusin. Selesai segitu mimpinya. Ini asuk akal, soalnya bila dalam kenyataan ada seseorang jatuh ke jurang selalu dibuatkan banten nebusin.

2. Kemarin mimpi begini; ingat ceritanya pernah mimpi menyentuh selangkangan (kemaluan) seorang gadis, gadis itu masih pakai celana. Ingatnya makna mimpi itu akan mendapat malu dari suatu tindakan yang direncanakan.


Jangan Sepelekan Mimpi Tersamar
-
Awalnya saya berasumsi bahwa mimpi tersamar itu memiliki makna sepele, bahkan tidak berarti apa-apa. Namun belakangan justeru saya mendapat petunjuk dalam mimpi bahwa mimpi tersamar itu lebih sering terbukti. Ceritanya saya berada di timur laut rumah, sedang curhat bersama bapakku. "Mimpi tersamar itu lebih sering terjadi." Ujar bapakku.

Mencoba memperhatikan mimpi-mimpi yang saya alami, ternyata benar mimpi tersamar lebih banyak terjadi dan terbukti. Setelah saya renungkan alasannya, hal itu terjadi karena mimpi tersamar bukan lagi peringatan, melainkan mimpi itu (penggambaran atau ramalannya) sudah harus terjadi, tidak bisa dicegah lagi. Kira-kira begitu alasannya.

Kemarin ada satu mimpi saya sangat tersamar, bahkan sempat lupa. Dalam mimpi itu sedang turun hujan lebat tiba-tiba pada malam hari. "Baru kemarin panas menyengat, sekarang hujan lebat tiba-tiba." Ujar bapak saya. Saya berpikir cuaca sekarang sulit ditebak.


Masih Mimpi Tetapi Sudah Tahu Maksud Mimpinya
-
Kalau sudah sering mimpi, ada saja mimpi yang unik, seperti mimpi saya berikut:
Saya berjalan ke arah selatan gendong tas dan memegang buku catatan. Lalu seperti memasuki pekarangan seseorang, namun ternyata saya masuk ke goa yang sempit. Saat mau keluar kepala terasa kejedut batu karang goa bagian atasnya. Ternyata kepala bukan menyentuh batu, melainkan benturan dengan sarang Kela (lebah lilin), sampai kepala diciprati madu.

Lanjut berjalan dan di perjalanan bertemu salah satu keluarga, saya memberikan sebagian madu dengan beralaskan daun pisang (don biu) itu ke dia karena seingatku, saya menyuruh dia untuk mengambil madu tersebut sebagai upah, sebab saya keburu-buru waktu keluar dari goa.

Lalu meninggalkan dia di jalan. "Jangan-jangan gak semua diambil madunya ya!" Pikirku merasa kecewa. Lalu saya melanjutkan perjalanan dan menyadari bahwa peristiwa itu cuma mimpi (sempat merasakan kalau saya sedang tidur).

"Akan dapat rejeki saat situasi kejepit (sibuk)" begitu yang kudengar suara dari lubuk hati terjemahan mimpi memasuki goa sempit menemukan madu. Saya pun melanjutkan perjalanan ke arah selatan. Tiba-tiba dikejar segerombolan Kela tadi gara-gara madunya diambil, ingatnya Kela itu berbisa. "Sembur pakai asap rokok nah, supaya gak diincar Kela!" celetukku dalam hati, teringat bahwa Kela itu takut sama asap rokok. Sayangnya saya tidak merokok. Lalu saya berlari ke sebuah ruangan kecil berdinding kaca.

Setelah berada di dalam segera menutup pintu kaca, dan merasa menang bisa menghindari gerombolan Kela tersebut. Tahu-tahunya ada seekor Kela berhasil masuk melalui lubang kecil pintu kaca bagian bawah. Ngerinya berubah jadi semut api berbisa dan agak besar. Saya tampar hingga serangga tersebut jatuh ke lantai, namun kebal dan berhasil terbang lagi, lalu menempel di bibir serta berhasil menyengat bibirku. Kuhempaskan!
Dan tersadar.


Menterjemahkan Mimpi Sebelum Terbangun
-
Terkadang ketika mimpi berakhir langsung dapat terjemahan. Terjemahan ini bukanlah hasil pikiran sadar, melainkan kerja pikiran lapisan ketiga yaitu pikiran tak sadar; pikiran yang mahatahu.

Seperti yang saya alami kemarin. Ceritanya berada di suatu tempat yang tidak begitu diketahui, tetapi tersamar seperti pernah ada disana. Di tempat itu bermain petak umpet (maengkeb-engkeban) dengan beberapa teman yang akrab, tetapi tidak tahu namanya, hanya kenal satu orang saja, yaitu seorang lelaki; teman lama, inisial E. Pada saat saya bersembunyi, saya naik ke plafon kayu rumah yang belum selesai. Teman yang mencariku, pura-pura tak melihatku, padahal saya tahu dia melihatku.

Belum tersadar, dari pikiran saya bahwa mimpi itu bermakna ada seorang gadis yang mencintai dan menyimpan rindu padaku secara sembunyi-sembunyi.

Setelah tersadar dari mimpi, hal itu membuat bingung. Siapakah gerangan gadis itu? Lalu tidur dan mimpi lagi. Dalam mimpi itu saya seolah sedang membaca facebook. Disana saya melihat tulisan 'Widiarta', nama itu nama teman, rekan kerja. Lalu peristiwa mimpi berganti, saya melihat tulisan di atas kertas putih, berisi nama seseorang : Nyoman Nar.

Sebelum tersadar dari mimpi saya seolah-olah menceramahi seseorang bahwa makna mimpi itu bahasa kode untuk nama gadis yang galau mikirin saya. Widiarta itu menunjukan nama seorang gadis Widi An*, sedangkan Nyoman Nar itu singkatan dari NN (NiN*), nama seorang gadis juga, diambil huruf depannya saja.

Tanpa Sadar Ibuku Memelihara Pesugihan: Brerong!
-
Berawal dari mimpi bapakku kemarin malam, terbongkar kasus menggelikan sekaligus miris di keluarga saya. Dalam mimpi itu bapakku melihat jimat di dinding bersanding dengan jam. Lalu mendengar kata-kata seseorang yang tak diketahui, "Dini ada barang pengaradan merta" (Disini atau di rumah ini ada jimat pesugihan). Tiba-tiba muncul api mendekati bapakku. Kemunculan api itu membuat bapak saya kaget dan tersadar.

Mimpi itu membuat keluarga saya penasaran. Masalahnya, dalam konteks mimpi pengaradan merta itu bisa jadi karunia dari dewa, maka pertanda baik. Dalam realitanya yang dimaksud pengaradan merta adalah suatu ilmu yang mampu digunakan untuk menarik kekayaan. Ada banyak jenis ilmu ini, misalnya supaya dimudahkan rejekinya. Banyak pula jenisnya yang bisa digunakan menarik kekayaan dengan cara tidak halal, sejenis pesugihan. Di Bali lumbrah disebut brerong.

Usut punya usut, mimpi bapak saya itu ternyata merupakan sebuah nasehat untuk menyingkirkan brerong (pesugihan) yang tak sengaja berada di rumah keluargaku. Ceritanya begini.

Tadi siang ibu saya menunjukan beberapa jimat yang terikat benang. Katanya ditemukan di halaman rumah sekitar sebulan yang lalu, disimpan di dompet tanpa pernah menceritakannya. Ibu menunjukan itu gara-gara mendengar mimpi bapak saya tersebut di atas. Lalu bapak saya mengetes fungsi jimat tersebut. Bapak saya terkejut bukan main. Ibuku langsung disuruh membakar jimat tersebut tanpa memberikan alasan. Karena penasaran, ibuku meminta penjelasan. Kata bapakku, dalam penglihatannya dari jimat itu keluar cahaya api berkeridip, lalu berubah jadi ular. Ular itu merupakan penadian brerong atau pesugihan.

Saya kepo juga dibuatnya. Jimat itu saya bongkar. Ternyata isinya lembaran tembaga merajah rambut sedana. Satunya lagi kertas bertuliskan aksara arab. Keduanya kemudian dibakar.

Pang taen laja ngelah brerong masi. Hahaha. Kedek jengah baana. Di rumah saya sering ada kejadian orang menjatuhkan jimat, terutama jimat jelek.


Tiga Gadis

Nepukin anak bajang ajaka tatelu maririgan. "Tiang demen kona teken bli" keto munyin bajange ane di tengah. Tiang lanjut mejalan, lakar mula kayu gamaLINA. Suba keto, rapat ajak timpale lakar nyensus: SOUH. Satonden mejalan, ngae tulisan angka 2017 di lembaran kertas, lakar mendata kayune ane tanem tahun 2017. Sakewala angka 7 ne bengkok tulisane. Suba keto, di kenehe dot nganti huruf L pada kata gamaLina.

*Ngipi*
.
Yen keneh-kenehang, bahasa mimpi itu cukup ruwet dan menjelimet. Padahal mimpi di atas bercerita hal sepele, cuma mau bilang "ada seorang gadis yang mencintaimu. Salah satu dari tiga orang yang kamu hadapi, yang di tengah. Gadis itu kamu cintai sejak tahun 2017. Namanya *ina."

Ditipu Tamu Hotel (17+)
-
Menjelang hari akhir menginap di hotel, saya melihat beberapa tamu asing bermesraan satu sama lain. Diantara mereka ada wanita paruh baya berpakaian sexi, cukup menggoda. Selain seksi, ia juga ganjen. Masak saya disenggol lalu digodain. Sebagai lelaki, tentu terpancing juga.

Usai digodain, saya berjalan hendak pulang, namun entah kenapa tiba-tiba tamu itu menarik tangan saya. "Do you want sex with me?" Tanyanya sembari menunjukan uang 50U$, dollar Amerika sebanyak tiga lembar. (2 juta rupiah lebih).

Wow.. banyak nih! Pikirku. 'Kan gak dosa ya kalau lelaki diperkosa wanita!' menggerutu dalam hati. Uang dapat, enaknya juga dapat.

Saya menerima tawaran itu. Lalu saya garap tamu wanita tersebut dengan menelanjanginya sebagai permulaan. Ia kusandarkan di tembok. Saya memegang pedang tak bertulang yang sudah berdiri tegak. Lalu digesekan ke kem*luannya yang sudah keriput.

Setelah permainan berakhir, sungguhan dia bayar 150 U$. Karena terburu-buru, saya langsung memasukan begitu saja dollar tersebut. Kemudian saya pergi mau pulang.

Di perjalanan saya mengambil uang itu dan menghitungnya. Betapa kagetnya saya, ternyata dollar yang diberikan palsu, bentuknya kertas biasa warna biru. Malah seperti nota. Lalu, saya balik ke hotel mencari tamu tersebut. Saya memarahinya dan protes, tak terima diberi uang palsu. Dia mengelak bahwa diantara dia dan saya tidak ada perjanjian resmi, sehingga saya tak berhak menggugat dia.

Saya pun menyerah, merasa kalah, tak bisa berbuat apa. Lalu pergi dari hotel sembari mengumpat dalam hati, "Bangsat itu orang asing!"

"Ternyata kalau kita berniat menipu orang (berniat tak baik), kita pun akan tertipu." Menggerutu sendiri dalam kekecewaan.

Terasa lelah bangun dari mimpi mengerikan seperti itu. Dan terjadi ledakan bom lokal. Bangun jam 1 dini hari.

Saya mencoba mengingat kembali sebelum tidur jam 10 malam. Sebelum tidur saya meditasi dengan postur Savasana (terbaring). Doanya gak selesai karena terburu memasuki alam mimpi. Ternyata bisa juga mimpi di hotel bila kita 'mengucapkan' nama suci Tuhan sebelum tidur. Bahkan saya mimpi sampai tiga kali semalem.
Makna mimpi di atas buruk. Pertama, bahwa saya akan mendapat malu (makna melihat kemaluan). Kedua, akan mendapat celaka (makna melihat celak/burung lelaki). Tetapi karena saya diberi uang palsu warna biru (pelung), sehingga celaka itu dihilangkan oleh dewata (makna turis). Celaka ini cenderung ke ilmu hitam, hal ini dibuktikan adanya bom lokal setelah sadar dari mimpi.

Yang membuat saya penasaran adalah akan mendapat malu. Dapat malunya dari mana, apakah ada kaitannya dengan pekerjaan ataukah masalah asmara? Jadi tanda tanya.


Hampir Kena Tipu, Untung Diperingatkan Melalui Mimpi.
-
Tadi siang salah satu teman facebook minta dibeliin pulsa. Dari segi tata bahasa sangat meyakinkan, begitu pula penulisan pesannnya, seolah-seolah orang itu benar aslinya. Sempat curiga penipu tetapi ragu, dan hampir saya membelikan pulsa karena tata bahasa balinya orang Bali banget, sempat bilang kalau saya sudah kirim pulsa. Gara-gara itu saya merasa bersalah, "jangan-jangan beneran dia lagi butuh pertolongan yaa.." pikirku. Jadinya malah ingin belikan pulsa. Sebelum berniat membelikan pulsa, saya mengantuk berat, lalu tertidur dan mimpi.

Dalam mimpi itu saya buka facebook mengecek akun facebook yang meminta pulsa. Saya melihat di berandanya membaca sebuah komentar, "Mohon hati-hati, akun orang ini dibajak orang."
Tak lama berselang, datanglah teman baik saya (tapi tidak tahu namanya). Dia bercerita, katanya dia juga diinbox orang yang sama. "Sebenarnya dia penipu, kasih saja harapan palsu!" Ujarnya. Saya tertawa ngakak disuruh begitu, karena juga ingin mengerjai penipunya. Lalu saya buka facebook lagi. Eh ternyata saya diblokir.

Saat saya mengecek pesan orang itu di facebook, eh beneran saya diblokir.

*Begitulah cara Tuhan menyayangi kita.

Perlakuan Khusus Bila 'Nglukat'
-
Sedang melaksanakan panglukatan untuk seorang gadis, karena saya memiliki wewenang seperti Shri Mpu (Sulinggih) untuk melukat seseorang dari kekotoran, saya diberitahu bahwa ada tambahan khusus yang harus dilakukan. Dimana setelah diguyur dengan air suci, orang yang dilukat belai rambutnya beberapa kali, lalu pijat lehernya, juga kedua pundaknya, kemudian sentuh pinggang sebelah kanan. Hal ini dilakukan karena sesungguhnya telapak tangan orang melik memancarkan api penyucian yang tak bisa dilihat dengan mata biasa. (Orang yang menyuruh begitu melakukannya pada tubuh saya).

"Yen keto, sing kadena buang sanga ken anake?" Begitu pertanyaanku. Belum ada jawaban terburu bangun dari mimpi, gara-gara adikku buka pintu kamar saya. Ipian keto luunga ni kona.

Besar kemungkinan memang benar adanya begitu bila nglukat seseorang. Barangkali perlu saya lakukan hal itu. Tapi sayangnya saya belum pernah nglukat seseorang meskipun memiliki wenang untuk itu. Soal api terpancar di telapak tangan itu saya percaya, soalnya pernah merasakannya, bahkan bisa dipakai mengobati.


Energi Tuhan
Kalau dipikir-pikir sepertinya bener orang yang ngiringang itu antara menerima kasih Dewata dan diberi derita. Soalnya tadi saya mimpi begini:

Sedang terbaring di tempat tidur, tiba-tiba melihat banyak percikan cahaya kecil. Samar-samar saya melihat kakek yang telah tiada. Beliau mengatakan percikan cahaya itu adalah energi Tuhan yang akan memurnikan tubuh saya. Sebagian besar tubuh saya pada bagian kulit dikerumuni cahaya-cahaya kecil dan sejuk. Kakek juga mengatakan bahwa saya menolak karunia dewata dan karena itulah kakek menarik tangan saya hingga terjatuh. Dan tersamar saya dibawa ke tempat kecelakaan kemarin. *Merasa aneh baru sampai hotel, terbaring sebentar jeg mimpi gitu.

Kemarin sebelum kecelakaan, memang merasa sedih dan merasa terbebani menjalankan tanggungjawab sebagai pemangku, merasa belum pantas karena masih muda dan juga karena padat dengan pekerjaan. Meski sudah kecelakaan, namun tetap bisa menjalankan kewajiban ke pura, setelah pulang dari puskesmas, apalagi yang mengobati bidan cantik dan belum menikah. Jadi pengen kenal lebih dekat dengan bidannya.

Jenazah

Saat mengantar jenazah sesorang yang meninggal beberapa waktu lalu, aku teringat ada yang memberitahu kalau mengantar jenazah ke kuburan tidak boleh memakai sandal tinggi (berkualitas) dan mahal. Soalny tidak baik menunjukan kemewahan pada mereka yang berduka, bisa membuat orang lain iri. Ini berarti membuat orang lain tambah sedih.
*Ngipi..
Maknanya simpel: kalau dapat rejeki tidak boleh pamer dan tinggi hati. Gara-gara siangnya ngwalek temen, meski sebenarnya bercanda, tapi akhirnya diberi kisah mimpi kayak gitu.

Ada juga mimpi lainnya yang agak menyindir kehidupan saya. Ceritanya saya ada di kampus bersama teman-teman, dan dibimbing seorang dosen. Disitu saya dan rekan mahasiswa memaparkan hasil makalah tentang beberapa penyimpangan hari raya oleh generasi muda Hindu. Mulai dari perayaan Shiwa Ratri, Saraswati dan Nyepi. Hasil kajian teman saya, A** Sri K*** bahwa hari raya Nyepi hakekatnya untuk mencari teman (lawan jenis).

Saya menyanggah, "Memang benar sih, tetapi kurang tepat. Sebenarnya tujuan hari raya Nyepi sebenarnya untuk JALINAN KASIH terhadap semua orang, terutama dengan orang-orang dewasa." Ujarku, sembari teringat pada jaman dahulu seusai perayaan Nyepi disertai dengan 'Ngejot', silaturahmi kerumah tetangga membawa sisa persembahan, lungsuran.

Kalau saya maknai sih disuruh mengendalikan diri dengan menerapkan brata penyepian dalam kehidupan supaya kita dikasihi oleh orang-orang, dan kudu bhakti kepada-Nya (makna membawa sisa persembahan).


Pulau Yang Paling Bercahaya

Saya bersama seorang peneliti dan bapakku, sedang mengamati kepulauan Indonesia dari komputer yang terhubung dengan satelite. Dari situ terlihat ada tiga pulau yang bersinar memancarkan cahaya. Pulau pertama, tersamar terlihat ada di ujung timur laut pulau Sulawesi, kedua ada di pulau Bali, satunya lagi ada di ujung barat pulau Jawa. Kemunculan cahaya itu efek dari ketaatan penghuninya yang taat melakukan pemujaan kepada Hyang Kuasa. Dari tiga daerah yang memunculkan sinar cahaya tersebut, pulau yang ada di tengahlah paling bercahaya yaitu pulau Bali, meski merupakan pulau paling kecil.

Entah gimana, baru tersadar dari mimpi langsung tahu maknanya, bahwa ada tiga wanita yang menaruh perasaan sama saya. Akan tetapi yang paling mencintai saya adalah wanita yang paling muda (paling kecil), dari segi waktu jatuh cinta: yang di tengah. I Love You. Hahaha.

Sebelum mimpi begitu, saya dapat tenger dicintai seorang wanita, lalu bertanya-tanya dalam hati, 'cewek yang mana ya yang sedang galau mikirin saya?'. Tak lama berselang tertidur dan mimpi seperti di atas.


Gagal Mengerjai 'Penipu'
-
Saya menerima pesan singkat berupa penawaran untuk membeli nomor perdana dengan nomor belakang yang sama dengan nomor yang saya miliki hingga 6 digit: 085338-222339. Nomor yang ditawari 085711-222339. Saya curiga ini pasti penipu. Soalnya dulu pernah kejadian serupa, ditawari nomor yang sama hingga 4 digit. Saya bilang mau beli, dan dia menyanggupi, bahwa dalam kurun waktu tiga hari nomor akan sampai. Hingga waktunya tiba, dia minta ditransferin uang pembayaran. Terus saya minta no resi pengiriman. Dan saya cek ke situs pos Indonesia, dia kirim ke provinsi lain. Mungkin dia kira saya gak tahu soal pengiriman barang. Jadinya saya gak mau bayar.

Sekarang lain cerita. Maksud hati mau mengerjai 'penipu', saya pura-pura mau beli nomor yang ditawari. Saya bilang mau beli nomor tersebut, dan memang tertarik. Lalu malamnya saya mimpi. Dalam mimpi itu saya sedang tidur, datanglah kiriman berupa nomor kartu yang saya pesan. "Aniih.. ternyata bukan penipu, barangnya sungguhan dikirim." Gumamku dalam hati. Saat sadar dari mimpi, bertanya-tanya dalam hati, "Apa bener barangnya akan sampai ya?" Agak ragu.

Hari ini, barang itu sungguhan sampai ke saya. Gagal mengerjai orang, kirain penipu, ternyata bukan.
0 Komentar untuk "Kumpulan Mimpi Singkat dan Maknanya"
Back To Top