Voice Of Merta Mupu

Voice Of Merta Mupu : Cerita Tak Tertata

Motivasi Menulis

Channel Youtube

Penelitian Tentang Penggunaan Benang Tridatu

Sedang duduk di sofa sebuah lobi hotel, saya ditemui seorang dosen, lebih tepatnya seorang peneliti. Saya mengenalnya sudah lama walau tidak begitu akrab. Tak lama kemudian beliau bercerita bahwa beberapa waktu lalu sempat meneliti tentang penggunaan benang Tridatu bagi umat Hindu di Bali, meski hanya penelitian kecil-kecilan. Penelitiannya berupa rekaman video CCTV. Katanya, menurut hasil penelitiannya bahwa mereka yang menggunakan benang Tridatu akan menjadi orang sukses. Saya pun menoleh benang Tridatu yang terikat di pergelangan tangan kanan. "Mudah-mudahan saya jadi orang sukses." harapku dalam hati. Beliau juga menjelaskan, bila menggunakan benang Tridatu ada syaratnya, dimana penggunannya harus dijiwai, berdasarkan panggilan hati, dan perbuatan kita harus sejalan dengan hukum alam, kebenaran, tidak menyimpang dari ajaran agama.

Sang peniliti kemudian menunjukan tiga video CCTV hasil penelitiannya. Pada video pertama saya melihat ada beberapa pemuda sedang bermain biliar, tetapi dalam pikiran saya itu adalah permainan bola adil. Pemuda yang menggunakan benang Tridatu menyodok bola dengan tenang dan sabar, sehingga ia dengan mudah berhasil memasukan bolanya, sedangkan mereka yang tidak menggunakan benang Tridatu menyodok bola dengan semangat disertai emosi, sehingga bolanya tidak berhasil masuk.

Pada video kedua terlihat tiga orang anak sedang bermain kartu remi. Salah satu anak yang tidak menggunakan benang Tridatu bermain curang. Dia memelintir kartu Remi hingga terlihat bentuk daun warunya, lalu disembunyikan. Sedangkan anak yang menggunakan benang Tridatu bermain dengan jujur, dan pada akhirnya dia menang.

Video ketiga agak berbeda, disini ditunjukan contoh orang-orang yang sudah sukses berkat menggunakan benang Tridatu. Meski pada awalnya sedang menonton Video, tetapi saya seperti langsung menyaksikan rekaman CCTV dari lantai dua hotel. Saya melihat orang-orang sukses yang lewat di lantai satu. Ternyata benar, orang-orang sukses menggunakan benang Tridatu di pergelangan lengan kanannya, bahkan saya melihat ada orang asing menggunakan benang Tridatu. Dia mencintai ajaran Hindu dan budaya Bali. Terakhir, saya tersentak kaget, ternyata ada orang yang saya kenal juga terekam CCTV yang dijadikan obyek penelitian. Orang itu adalah calon anggota DPRD. Dia juga menggunakan benang Tridatu di lengannya. "Loh! Kok bapak jero G juga ada disini! Dia kan selalu gagal jadi DPR padahal dia pakai benang Tridatu. Apa jangan-jangan dia berbuat sesuatu yang tidak benar ya?" Gerutuku dalam hati. Saya merasa ada yang tidak konsisten dengan penelitian ini. Lalu saya melihat bapak jero G berjalan ke arah kiri di pertigaan dan bergegas berjalan dengan wajah ditutupi kain putih, seperti ada sesuatu yang disembunyikan. Padahal orang-orang sukses lainnya jalannya ke arah kanan. Hanya dia yang berjalan ke arah kiri.

Mimpi yang cukup panjang.. Pasti pada serius bacanya. Hehe. Mimpi ini tak perlu dijabarkan maknanya, supaya tak panjang tulisannya. Mimpi ini sebenarnya bercerita tentang asmara.
Labels: Fiksi, Mimpi

Thanks for reading Penelitian Tentang Penggunaan Benang Tridatu. Please share...!

0 Komentar untuk "Penelitian Tentang Penggunaan Benang Tridatu"
Back To Top