e-mail: mupu.merta@gmail.com www.kompasiana.com/mertamupu.co.id

Free Think About Everrything

Cara Mudah Mengetahui Makna Mimpi

Pada saat tidur seringkali kita disibukan oleh mimpi, baik yang memiliki makna maupun mimpi tanpa makna, seperti yang pernah saya ulas yaitu mimpi yang bukan mimpi. Tidak sedikit orang bisa mengetahui peristiwa yang akan datang melalui tanda-tanda mimpi yang dilihatnya atau dialaminya, bahkan ada yang mampu meramal kejadian masa depan melalui mimpi.

Ada berbagai cara yang digunakan seseorang untuk mengulas makna mimpi-mimpi yang dialaminya, seperti berpedoman pada primbon mimpi maupun belajar dari pengalaman mimpi. Ada pula mengulas mimpi berdasarkan hari mimpinya; dewasa ayu atau pedewasaan. Dengan pedewasaan ini seseorang bisa mengetahui makna mimpi itu, apakah mimpi itu datang dari petunjuk atau peringatan dari dewa, gangguan dari alam, atau pun datang dari ulah manusia. Artinya, peristiwa yang akan terjadi apakah akibat ulah manusia (baik diri sendiri/karma buruk ataupun diakibatkan niat jahat orang lain), disebabkan alam (misalnya kecelakaan, pemalinan, dsb), ataukah disebabkan oleh kutuk dewa (misalnya tak pernah ingat leluhur, tak pernah sembahyang, memiliki hutang kaul/sesangi yang belum dibayar).

Mencari makna mimpi cukuplah rumit, mengingat peristiwa yang terjadi di dalam mimpi ada beribu-ribu aktivitas, barangkali lebih banyak daripada aktivitas kita di dunia nyata karena dalam dunia mimpi bisa ada aktivitas yang terkadang aneh dan tak mungkin terjadi di dunia nyata, seperti mimpi terbang, mimpi berubah menjadi binatang, mimpi bertemu bidadari, mimpi mati namun mampu melihat mayat diri sendiri, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah butuh pengalaman untuk memaknai sebuah mimpi dengan menggunakan berbagai cara atau metode.

Terlepas dari dari berbagai metode yang digunakan, dari pengalaman saya, ada cara mudah untuk membedakan makna mimpi, apakah maknanya buruk ataukah bermakna baik. Caranya dengan merasakan suasana hati yang ditimbulkan akibat mimpi itu setelah kita betul-betul sadar dari mimpi; apakah merasa sedih, kawatir, biasa-biasa saja, ataukah merasa senang, damai.

Apabila setelah sadar dari mimpi suasana hati merasa sedih, kemungkinan mimpi itu bermakna buruk, sebaliknya bila suasana hati merasa damai, kemungkinan bermakna baik. Bila suasana hati biasa-biasa saja, itu artinya tidak akan terjadi apa-apa.

Suasana hati yang dimaksud bukanlah keadaan kita setelah terbangun dari mimpi, melainkan setelah merenungkan mimpi itu sejenak tanpa mencari tahu kepada orang lain ataupun pada sumber-sumber lain seperti internet. Dengan kata lain, suasana hati yang dimaksud adalah mendengarkan suara hati yang terdalam setelah mengalami mimpi itu, terutama suara hati yang pertama. Sedangkan suara hati yang berikutnya kemungkinan sudah dipengaruhi oleh logika sehingga suasana hati sudah berubah akibat logika ataupun akibat mencari makna mimpi pada sumber lain; seperti kitab primbon, internet, maupun bertanya kepada orang lain.

Terbangun dari mimpi yang serius biasanya kita langsung kaget, bila mimpi seram begitu terbangun merasa takut, sedangkan mimpi yang menyenangkan akan ada perasaan senang, namun setelah jeda beberapa saat, misalnya setelah menarik nafas panjang, timbulah suasana hati. Pada saat inilah kita bisa mengetahui makna mimpi apakah baik ataukah bermakna buruk dengan merasakan suasana hati atau medengarkan suara hati.

Pernah suatu ketika saya mimpi melihat kemaluan cewek yang sedang telanjang, begitu terbangun kaget, namun beberapa saat kemudian muncul perasaan gundah, merasa sedih tiba-tiba. Beberapa hari kemudian terjadilah konflik antara keluargaku dengan keluarga orang yang disayangi, berawal dari ulahku kirim kado. Itulah contoh misalnya.

Bagaimana dengan pengalaman anda?

NB; Mimpi yang bukan mimpi; mimpi ketika sakit, setres, depresi, cemas berlebihan, kegilaan, habis mengahayal porno, mimpi yang dilupakan kronologinya. Kalau mimpi sungguh-sungguh, kita bisa mengingat mimpi itu secara detail dalam waktu lama,

1 Komentar:

Sepeda mengatakan...

Thx ya sdh share

Opini Pilihan

Mencari Tulang Manusia ke Kuburan

Ada perintah dari seseorang kepada saya untuk mencari tulang guru (bapak saya) ke kuburan. Saya mulai perjalanan dari pemagpagan (tempat me...

Opini Terbaru

Kategori

Arsip Blog

Popular Posts