Voice Of Merta Mupu

Voice Of Merta Mupu : Cerita Tak Tertata

Motivasi Menulis

Channel Youtube

Sesekali Ormas Bentrok Biarkan Saling Bunuh

Bentrok antar ormas kriminal sudah berulangkali terjadi di Bali, meski slogan mereka menjaga Bali namun fakta membuktikan justru ormas seperti itu merusak nama Bali di mata dunia. Berdalih menjaga Bali tetapi sebenarnya mereka mencari lahan basah untuk mendapatkan keuntungan. Mental pencuri bersembunyi di balik jubah putih, seperti pedanda Baka menyamar menjadi pendeta.

Bentrok yang terus berulang terjadi sekiranya pemerintah perlu untuk membiarkan mereka saling bunuh agar mereka sadar sendiri betapa pentingnya menjaga perdamaian. Apabila pemerintah terus berusaha melerainya maka mereka akan semakin ngelunjak, merasa berkuasa dan paling kuat sehingga tidak pernah sadar bahwa bermodalkan otot untuk berkuasa itu sebuah kelemahan dan kebodohan.

Dalam ranah hukum, membiarkan konflik terjadi antar kelompok masyarakat dikenal sebagai teori pembiaran. Bahkan para bijak jaman dahulu juga membenarkan pembiaran seperti itu. Dimana ketika suatu kelompok masyarakat tidak bisa lagi dikendalikan negara maka mereka dibiarkan berkonflik sehingga sadar sendiri untuk menjaga perdamaian.

Dalam kitab Arthasastra diberikan perumpamaan seperti besi yang berbenturan lalu dipanaskan maka akan meleleh dan mencair. Demikian pula masyarakat yang sama-sama ego tinggi dan keras kepala sedang berkonflik maka sesekali dibiarkan saling bunuh.
Labels: Facebook

Thanks for reading Sesekali Ormas Bentrok Biarkan Saling Bunuh. Please share...!

0 Komentar untuk "Sesekali Ormas Bentrok Biarkan Saling Bunuh"
Back To Top