e-mail: mupu.merta@gmail.com www.kompasiana.com/mertamupu.co.id

Free Think About Everrything

VISI TUHAN


BAB 11
VISI TUHAN

Jai: Nenek bilang kita dapat mengetahui sedikit tentang Tuhan. Apakah mungkin bagi orang untuk melihat Tuhan, nek?

Nenek: Ya, Jai. Tapi tidak dengan mata fisik kita. Tuhan tidak memiliki tangan dan kaki seperti yang kita miliki dalam dunia kita. Tetapi ketika Tuhan senang dengan pelayanan tanpa pamrih dan pengabdian kita (Sevā) Dia mungkin muncul dalam suatu penglihatan dalam mimpi. Dia dapat menunjukkan diri-Nya dalam bentuk apa pun, atau dalam bentuk Deva pribadi seseorang (IshtaDeva).

Jai: Apakah ada cara lain untuk melihat Tuhan?

Nenek: Cara terbaik untuk melihat Tuhan adalah dengan merasakan kehadiran-Nya dalam segala sesuatu karena segala sesuatu adalah bagian dari Tuhan. Seorang yogi melihat seluruh dunia sebagai perluasan Tuhan. Semuanya hanyalah bentuk lain dari Tuhan. Mengetahui hal ini, kita dapat melihat Tuhan di sekitar kita. Seluruh alam semesta adalah Tuhan, dan kita adalah anak-anak dan alat-alat-Nya. (Gita 11,33). Tuhan memakai kita untuk melakukan pekerjaan-Nya. Dia ada di dalam diri kita semua.

Berikut ini adalah cerita tentang Tuhan yang selalu bersama kita, tetapi kita tidak dapat melihat-Nya dengan mata fisik kita. (Gita 11,08)
14. Tuhan Selalu Bersamamu

Seorang laki-laki ingin merokok dan pergi ke rumah tetangganya untuk menyalakan api arang. Saat itu  tengah malam, dan pemilik rumah sedang tidur. Setelah ia mengetuk pintu beberapa kali, akhirnya tetangganya turun untuk membuka pintu.

Ketika tetangganya melihat orang itu, ia bertanya, "Apa yang terjadi?"

Orang itu menjawab," Apa kau tidak bisa menebak? Kau tahu aku suka merokok. Aku datang ke sini untuk minta api untuk menyalakan arangku."

Tetangganya berkata," Ha! Ha! Kau memang tetangga yang baik! Kau bersusah payah datang dan mengetuk pintu di tengah malam untuk menyalakan arang! Padahal kau membawa lentera yang menyala!"

Apa yang kita cari sangat dekat dan semua di sekitar kita. Semuanya adalah Tuhan dalam bentuk yang berbeda. Segala ciptaan-Nya ada didalam wujud-Nya yang maha besar!
Cara lain untuk melihat Tuhan adalah dengan mengembangkan pengabdian dan kualitas yang baik. Krishna berkata bahwa jika kita tidak memiliki keterikatan, keinginan egois, kebencian, permusuhan, atau kekerasan terhadap semua mahluk, kita dapat mencapai dan melihat Tuhan. (Gita 11,55)

Jai: Adakah orang yang melihat Krishna sebagai Tuhan?

Nenek: Ya, banyak orang-orang suci dan orang-orang bijak telah melihat Tuhan Krishna dalam berbagai bentuk. Ibu Yashodā melihat bentuk kosmik Krishna. Arjuna juga ingin melihat Krishna sebagai Tuhan. Karena Arjuna adalah jiva besar dan teman yang sangat dikasihi Krishna, Tuhan menunjukkan bentuk kosmik-Nya. Arjuna melihat apa yang dijelaskan dengan sangat rinci dalam Bab 11 dari Gita.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai bentuk kosmik Krishna yang dilihat Arjuna. Dia melihat seluruh dunia dengan segala Deva, orang suci, Deva Shiva, serta Deva Brahmā, duduk di teratai di tubuh Krishna. Tuhan memiliki banyak lengan, mulut, perut, wajah, dan mata. Tubuhnya tidak mempunyai awal atau akhir. Cahaya terang bersinar di sekeliling-Nya. Arjuna juga melihat semua sepupu-sepupunya, bersama dengan banyak raja-raja dan pejuang lainnya, dengan cepat masuk ke dalam mulut Tuhan yang menakutkan untuk dihancurkan. Bentuk kosmik Krishna ini sangat menakutkan untuk dilihat, sehingga Arjuna mohon agar Krishna kembali pada bentuk Vishnu berlengan empat, dengan sebuah mahkota, memegang sangka, cakra dan teratai di tangan-Nya. Krishna kemudian menunjukkan wujud Vishnu dengan empat lengan-Nya kepada Arjuna.

Setelah itu, Krishna menunjukkan wujud manusia-Nya yang tampan dan menghibur Arjuna yang ketakutan. Kemudian Arjuna menjadi damai dan normal lagi. Krishna mengatakan bahwa Ia dapat dilihat dalam wujud dengan empat lengan hanya melalui pengabdian. (Gita 11,54)

Bab 11 Ringkasan: Kita tidak dapat melihat Tuhan dengan mata manusia. Kita bisa melihat-Nya hanya dalam penglihatan batin (Samādhi). Kita juga dapat melihat-Nya di sekitar kita. Seluruh ciptaan-Nya tidak lain adalah tubuh sang pencipta, dan kita adalah bagian dari bentuk kosmis Tuhan.

0 Komentar:

Opini Pilihan

Mencari Tulang Manusia ke Kuburan

Ada perintah dari seseorang kepada saya untuk mencari tulang guru (bapak saya) ke kuburan. Saya mulai perjalanan dari pemagpagan (tempat me...

Opini Terbaru

Kategori

Arsip Blog

Popular Posts