Voice Of Merta Mupu

Voice Of Merta Mupu : Cerita Tak Tertata

Motivasi Menulis

Channel Youtube

Indah dan sesaknya saat Nyepi


Bangun pagi kubuka pintu dan jendela , dalam hati saya bergumam “ selamat pagi tuhan , semoga hari ini pada hari suci ini menjadikan  manusia sadar akan jati dirinya “

Kulihat jam menunjukan pukul 07:00 saya bergegas mandi untuk siap sembahyang, saat sembahyang tumben sekali saya mendebgar kilcauan burung-burung di kota , sudah hampir setahun di Denpasar hanya pada hari pada Hari NYEPI saya bisa mendengar kicauan burung, mungkin karena biasanya karena suara motor yg lalu lalang, dan bising.  Saya berpikir dalam hati , kenapa ya hari ini banyak burung terdengar berkicau?

Ternyata betul.. hari suci yang membawa  ketenangan makluk lain. Nyepim di Kota lebih teratur dan tertib daripada di desa (kampung),  tetapi dibalik, semua itu banyak hal juga yang buruk yang saya rasaskan, siang hari begitu cerah  panas teriik  menyapa bumi,  setelah itu sayapuyn tertidur namun setelah terjaga baju menjadi basah dan badan basah bagaikan habis mandi, nafas terasa sesak , panas , gerah ..saya merasakan hal ini hampir sdetiap hari, Cuma bedanya hari ini gerah , panas ada didalam kamar yang tertutup jadinya merasa sumpek di kamar tetapi taskut keluar kamar.

Menjelang sore suasana agak tidak enak dilihat dan rdengar  karena anak-anak non-Hindu ribut-ribut bermain dan ada dipinggir jalan .Ketenagan dan kesunyian  menjadi terusik  tapi maklumlah orang mereka tidak merayakan nyepi Cuma mereka menjaga toleransi saja. Syukur mereka sudah mentaati peraturan  untuk tidak berpergian dan tidak menyalakan lampu.

Menjelang malam setelah selesai  sembahyang dengan tenang namun karena kamar gelap saya agak takut, aya mencoba untuk menghidupkan Tv dengan suara pelan namun.. ternyata tidak ada setasiun TV yang siaran , dalam hati saya bergumam luar biasa ,,, berarti hari ini tidak ada orang yang bisa nonton TV di wilayah Bali. ”

Pada akhirnya saya memutuskan untuk tidur tetapi mata tidak mau terpeajm, walopun demikian karena hari belum begitu malam saya mencoba untuk merenungkan hal-hal untuk masa depan dan kesalahan apa yang sudah saya lakukan terhadap orang lain , kususnya terhadap pacar  saya yang tersayang . mudah-mudahan semua kesalahan saya bisa dimafkan dan saya bisa merubah ke hal-hal yg baik. Tetapi tidak lupa juga berpikir hal-hal Kebaikan apa  yang  sudah saya lakukan  terhadap orang lain . saya berharap mudah-mudahan hari-hari selanjutrnya lebih banyak melakukan hal-hal yg baik darpada hal-hal yang merugikan orang lain.. di dalam kayalan dan lamunan aklhirnya saya tertidur dan pada manis nyepi saya terbangun  dengan perasaan lega dan tenang  serta tak lkupa bergumam dalam hati ” selamat pagi tuhan , semoga hari ini  hidup ini menyenangkan.

Nah ... bagaimana dengan  suasana perayaan Nyepi anda ,  menyenngkan Bukan?
Labels: Lain-Lain

Thanks for reading Indah dan sesaknya saat Nyepi. Please share...!

0 Komentar untuk "Indah dan sesaknya saat Nyepi"
Back To Top