Voice Of Merta Mupu

Voice Of Merta Mupu : Cerita Tak Tertata

Motivasi Menulis

Channel Youtube

Penebusan Dosa

Sedang di Denpasar di tempat kerja dulu, saya baru bangun habis tidur di lantai. Saya merasa sudah banyak berbuat dosa sehingga perlu kiranya melakukan penebusan dosa. Saya kemudian menyediakan sarana persembahyangan berupa canang sari. Lalu bermeditasi duduk bersila dan mengucapkan nama suci dewa Wisnu sebelum memuja dewa tertinggi (Parameswara: Iswara/Mahadewa).

'Om Narayana Ya Namah Swaha, Om Narayana Ya Namah Swaha, Om Narayana Ya Namah Swaha..' itulah doa awal bila hendak melakukan penebusan dosa, lakukan secara berulang sebanyak-banyaknya. Setelah itu barulah dilanjutkan dengan pemujaan kepada Tuhan (Parameswara) untuk memohon ampunan dan memuja beliau.

Entah bagaimana ceritanta, sudah datang keponakanku. Saya diajak nonton film Ramayana versi Indonesia. Saya menjelaskan kepada keponakan saya bahwa cerita yang ada di film berkisah tentang Shri Rama dibantu raja Sugriwa dari kerajaan Kiskenda beserta pasukan kera untuk menyerang Rahwana. Saya pun menyaksikan pasukan kera menyerang kerajaan alengka. Di sisi lain juga ada para dayang yang sedang menari.

Setelah sadar dari mimpi tubuh terasa segar padahal sudah hampir seharian sakit di leher, pegal yang cukup menyiksa. Sakit ini sepertinya akibat sakit 'Carub', sakit yang disebabkan oleh kotor secara niskala, dimana siangnya saya tidur di mobil dengan meletakan kepala di tempat duduk: hal ini seharusnya tak boleh dilakukan oleh orang tertentu. Saat tidur itu saya mimpi bawa motor di jalan menanjak, saking menanjaknya hampir tidak bisa naik, lebih-lebih jalan menikung. Saat menikung itu saya berjalan agak di tebing. Agar motornya bisa naik, saya turunkan kaki sebelah. Ketika kaki menginjak jalan ternyata ada tahi hewan di tanah. Sandalnya sampai penuh berisi tahi hewan.

Saat tersadar dari mimpi merasa tak enak badan. Dan saya curiga mimpi itu bermakna saya 'carub', kotor secara niskala akibat salah tidur. Sekitar sejam kemudian leher mulai terasa sakit, pegal-pegal, berlanjut hingga malamnya.

Mimpi melakukan penebusan dosa itu bermakna 'disucikan' dewa. Juga bermakna diajari cara melakukan penyucian diri dengan japa mantra. Dalam kenyataan saya tidak pernah pakai japa mantra seperti itu namun dalam mimpi melakukan hal seperti itu. Ini menandakan diberi pengetahuan tentang penyucian diri.

Pada kronologi nonton film, mimpi ini bermakna: dewa memberitahu (makna melihat Shri Rama) bahwa di pekarangan ada kaletehan (makna melihat kera) akibat ada pamali (makna melihat anak kecil). Kaletehan ini bisa mendatangkan musibah (makna melihat orang menari). Sepertinya kaletehan yang dimaksud bukan hanya pamali berupa dedaunan dari luar pekarangan yang sudah menyentuh atap rumah yang belum sempat dibersihkan, juga akibat salah satu daksina linggih di Kamulan belum diganti padahal sudah dua hari terjatuh.

Nb: kera terkadang juga bermakna serangan ilmu hitam (khususnya pangleakan).
Labels: catatan harian, diskusi Hindu

Thanks for reading Penebusan Dosa. Please share...!

0 Komentar untuk "Penebusan Dosa"
Back To Top