e-mail: mupu.merta@gmail.com www.kompasiana.com/mertamupu.co.id

Free Think About Everrything

Menyatukan Pengetahuan dengan Kebijaksanaan

Tadi malam sebelum jam dua belas malam mimpi berkunjung ke sebuah ashram (tempat belajar veda sekaligus kuil) yang sangat indah. Saya datang kesana bersama seorang teman berpakaian sembahyang serba putih. Saya merasa pernah ke ashram ini dulu tetapi dipecat karena suatu kesalahan. Saat mau masuk ke mandala utama ashram itu saya teman itu menasehati saya, 'Ketika kita memasuki ashram ini, sebaiknya bersujud dahulu di depan arca dewi saraswati, lalu di depan arca dewa ganesha. Karena sebenarnya beliau itu berpasangan. Ketika kita sembahyang selayaknya itu juga harus dilakukan, memuja beliau sebagai personifikasi sumber pengetahuan dan kebijaksanaan' ujarnya.
.
Lalu saya melihat arca dewi saraswati, kemudian bersujud. Lalu masuk ke dalam melihat arca dewa ganesha, kemudian bersujud, tetapi arca dewa ganeshanya kelihatan jauh. Tak lama berselang saya hendak memasuki ruangannya Guru ahli Veda di Ashram itu. Saya membawa ban mobil dikalungkan di leher. Begitu dekat dari ruangan guru, saya taruh ban mobil itu. Sedangkan teman saya lanjut berjalan menaiki tangga ke lantai dua ke tempat ruangan guru tersebut. Sedangkan saya diam, tak berani kesana karena malu. Tiba-tiba saya teringat dengan situs internet tentang agama yaitu situs Shanti Grya Tripod (dot) com.
.
Lalu tersadar dari mimpi berasa habis berjalan jauh, melelahkan. Lalu saya merenungkan makna mimpi tersebut. Mimpi itu bermakna ganda, pertama dimaknai secara mentah-mentah; bila sembahyang sebaiknya didahului dengan melakukan pemujaan kepada dewi Saraswati dan Dewa Ganesha karena beliau merupakan sumber pengetahuan (saraswati) dan sumber kebijaksanaan (ganesha).
.
Makna kedua, perjalanan itu melambangkan perjalanan sang roh menghadap bhatara Hyang Guru (simbol guru Veda). Diajarkan agar menyatukan pengetahuan dan kebijaksanaan. Saya dianggap jauh dari kebijaksanaan (simbol arca dewa ganesha terlihat jauh). Pengetahuan tanpa kebijaksanaan hal yang memalukan (simbol merasa malu). Kebijaksanaan tanpa pengetahuan bisa menimbulkan kesalahan (simbol merasa pernah dipecat karena bersalah). Oleh karena itulah hendaknya pengetahuan disatukan dengan kebijaksanaan agar memperoleh kedamaian (simbol situs Shanti Grya: Shanti artinya damai, Grya artinya rumah: 'Rumah kedamaian). Kenapa simbolnya mengambil situs internet? Hal ini saya maknai bahwa saya disuruh lebih bijaksana menggunakan media internet, terutama media sosial.
.
Sebelum mimpi seperti itu, waktu berdoa saya mohon ampunan dan bimbingan walaupun bimbingan itu dalam mimpi. Eh ternyata dikabulkan. Saya mohon ampunan saat berdoa karena kemarinnya sempat marah dalam hati pada bhatara Hyang Guru. 'Apa sih gunanya taat sembahyang, toh hidup saya datar-datar saja. Bahkan bernasib apes soal cinta?' Protes dalam hati. Dan protes itu saya buktikan dalam tindakan dengan tidak sembahyang. Lalu mimpi buruk dua kali, mimpi baik sekali dan satu lagi mimpi berupa petunjuk membongkar gedong dewa kembar (akan ditulis terpisah). Jadi ada 4 mimpi semalam.
.
Mimpi pertama, berada di rumah di karang dadak (aslinya rumah itu milik tanteku). Rumah itu bertingkat (aslinya tidak). Disana saya mau tidur bersama kakakku karena sudah malam. Di lantai dua ada dua orang gadis. Lalu datanglah hujan lebat. Meski hujan lebat, wanita itu tetap saja bermain-main. Tiba-tiba petir menyambar, wanita itu menghindar dan hampir saya disambar petir.
.
Tiba-tiba keadaan sudah berganti, saya berjalan kaki mau ke rumah malam-malam, dari Karang Dadak sampai ke rumah. Perjalanan sangat jauh, sekitar 3 km, jalan kaki. Saya ke rumah malam-malam karena lupa menghaturkan persembahan. Tiba di rumah, keadaan gelap gulita, listrik mati. Lalu menghaturkan canang sari. Kemudian menghidupkan kilo meteran karena curiga listriknya mati disana. Dan tersadar dari mimpi jam 12 malam kurang sedikit. Sebenarnya masih ada waktu untuk sembahyang tetapi saya ngekoh menghaturkan persembahan malam-malam. Lalu tidur lagi dan mimpi kedua:
.
Berada di denpasar mau kundangan pesta makan. Di tempat makan saya mendapatkan yang berisi ikan mujair dan sambal pedas (artinya ada orang yang tersinggung dan akan membuat hal buruk tetapi hal buruk itu akan dimatangkan dewa). Tiba-tiba keadaan sudah berada di rumah karang desa di desa saya. Merasa habis makan lalu saya minum air keran miliknya jero Mahendra (artinya diselamatkan oleh sesuunan/dewata ratu sakti maduwe). Usai minum berjalan ke arah timur dan masuk ke rumahku. Disana saya melihat mbok Jero Tonton (pertanda hadirnya dewa kembar, hendak memberitahu sesuatu). Di belakang saya sudah ada WDA, cewek yang pernah disayangi. Lalu kami berjalan ke arah timur bergandengan tangan, 'Sekarang kita biasakan saja, ya Wi. Toh bli juga udah gak sayang sama kamu. Kamu juga begitu, kan!' ujarku. Dia seperti sedih saya ngomong begitu.
.
Perjalanan berlanjut ke arah timur melewati rumah karang desa milik keluarganya. Saya memeluk dia. 'Sebenarnya kita ditakdirkan untuk berjodoh. Tinggi badan kita serasi, wajah hampir serupa. Tapi sekarang bli iklas kamu akan jadi milik orang lain karena suatu keadaan..' kata-kataku sendu. Berusaha untuk tegar mengucapkan kata-kata itu meski dalam hati masih menyimpan rasa sayang.
.
Entah bagaimana ceritanya, dia lepas dari pelukan dan WDA berubah jadi Mangku Gede Pulih (merujuk pada dukun suruhannya Gede M). Dia meninggalkan saya. Dan saya sudah tak pakai baju. Gara-gara itu tubuh saya bentol-bentol besar disengat nyamuk tak biasa. 'Behh.. ini nyamuk serangan ilmu hitam. Ilmu hitam dukun itu bisa mengenai saya pasti karena gak pakai baju bapak saya, guru' gumamku dalam hati ( simbol mendapat perlindungan dari bhatara hyang guru). Lalu saya pakai baju bapak saya, tiba-tiba bentol-bentolnya hilang, dan rasa gatal karena bentol-bentol dalam mimpi terasa sampai sadar. Dan beneran kulit saya merah-merah karena gatal.
.
Dalam kenyataan saya sering disengat nyamuk bisa bikin bentol-bentol tak biasa, berawal dari serangan ilmu hitam. Dulu biasa saja kalau disengat nyamuk, tetapi setelah punya musuh berilmu sengatan nyamuknya tak wajar. Saya sudah pernah membuktikan ketika disengat nyamuk tangan saya dibiarkan tanpa diberikan energi prana, jeg bentolnya panjang sebesar ulat dan banyak. Gatal sekali. Tetapi uniknya ilmu hitam itu takut pada telapak tangan (energi prana). Karena sering merasa aneh dengan sengatan nyamuk itu, saat berdoa pernah memohon petunjuk apa sebenarnya yang terjadi dengan saya. Lalu malamnya mimpi menanam kayu berjejer bersama bapak saya (guru) agar seseorang yang mau mengeruk tanah saya tidak berani melewati batas-batas tanah itu. Mimpi ini artinya Bhatara Hyang Guru memberikan perlindungan atau kerahayuan (simbol menanam kayu) agar seseorang tidak bisa seenaknya membikin penyakit (simbol mengeruk tanah) melampui batasannya sebagai manusia. Semenjak itu gak ada lagi sengatan nyamuk bisa bikin bentol-bentol tak wajar.

0 Komentar:

Opini Pilihan

Mencari Tulang Manusia ke Kuburan

Ada perintah dari seseorang kepada saya untuk mencari tulang guru (bapak saya) ke kuburan. Saya mulai perjalanan dari pemagpagan (tempat me...

Opini Terbaru

Kategori

Arsip Blog

Popular Posts