Voice Of Merta Mupu

Voice Of Merta Mupu : Cerita Tak Tertata

Motivasi Menulis

Channel Youtube

Tembok Panyengker Rumah Mangku Danta Kena Jalan Niskala?

Pagi-pagi sekira jam limaan saya berjalan kaki dari arah utara, dekat rumah Mangku Danta. Saya membawa sesuatu sebagai alas tidur mau ngajak cewek esek-esek di tegalan. Wuihh ganjennya saya. Kwekwek.
.
Sampai di dekat pudak, saya turun ke bawah sengkedan. Soalnya saya janjian disana sama seorang gadis. Anehnya, tiba-tiba saya tembus di bukit Ningkang. Saya kaget bukan main, ternyata disana ada kakakku yang cewek (sudah menikah) sedang menyabit, cari pakan sapi. 'Loh! Kamu ngapain disana? Sapinya carikan rumput' ujarnya. Agar tidak ketahuan mau mengajak cewek, saya mau menuruti pura-pura mencari pakan sapi.
.
Saya pun mulai sedikit sadar dari mimpi. Namun belum sadar total. 'Kok mimpi gitu ya?' Tanyaku dalam hati. Samar-samar saya lihat hp di samping tempat tidur indekos, ternyata hari mimpinya jatuh pada hari Saniscara Umanis nuju Urukung. 'Wuah, berarti ada kaitannya dengan jalan niskala nih' pikirku dalam hati'.
.
Tiba-tiba roh saya melecat pulang kampung bertemu Mangku Danta, saya menjelaskan bahwa sudut tembok panyengkernya yang ada di kelod kauh (barat daya) rumahnya kena jalan niskala, jalan alam gaib. Jalan sang wengi yang ada di barat rumahnya. Jalan niskala itu lurus ke sebelah tenggara rumahnya Mangku Danta. Saya memberitahu Mangku Danta untuk mengubah sudut tembok panyengker rumahnya.
.
Akhirnya saya tersadar total dari mimpi. Hp sungguhan ada di samping tempat tidur indekos. Saya lihat Hp ternyata hari mimpinya jatuh pada Saniscara Umanis nuju Maulu. 'Kok dalam mimpi nuju urukung ya?' Alam niskala mengubah hari mimpinya. Lucu!
.
Saya coba gali makna mimpinya dengan tenung tanya lara. Saniscara ngaran Sesangi, saang, carang, canggah. Arahnya selatan. Umanis ngaran umah. Arahnya timur. Maulu ngaran mamedi, sang wengi. Arahnya kelod kauh (barat daya). Jumblah uripnya 9+5+3=17:4=4, sisa 1, artinya dewa alit. Bila digabung kata-kata itu secara acak menyesuaikan dengan kronologi mimpinya menjadi; kelod kauh umah ada rurung Sang Wengi (di sebelah barat daya rumah ada jalan gaib sang wengi). Jalan itu mengenai tembok panyengker kelod kauh. Yang memberi petunjuk dewanya rumah.
.
Ubah temboknya, lalu rumahnya dibuatkan upacara. Makna membuat upacara ini dari kronologi mimpinya disuruh menyabit (mencari pakan sapi). Sapi ngaran sampi, sampi ngaran sampian, sampian ngaran banten (upacara). Sedangkan makna mau berhubungan seks, itu melambangkan pemali. Yang jadi pemali panyengker tembok rumahnya.
.
Colek Dante Mangku
0 Komentar untuk "Tembok Panyengker Rumah Mangku Danta Kena Jalan Niskala? "
Back To Top