e-mail: mupu.merta@gmail.com www.kompasiana.com/mertamupu.co.id

Free Think About Everrything

Kamar Suci Tak Perlu Ada?

Kamar suci umumnya dijadikan tempat sembahyang di rumah, terutama bagi mereka yang belum memiliki sanggah Kamulan. Konsep tempat suci di dalam ruangan atau di dalam rumah meneruskan konsep rumah Saka Roras, dimana tempat suci terdapat di Pelanggatan atau lebih umum disebut Kajan.

Konsep tempat suci di dalam rumah tidak hanya terdapat dalam tradisi Hindu Nusantara, lebih khususnya Hindu Bali, tetapi juga ditemukan di India. Tradisi ini bisa jadi memang bersumberkan pada tradisi Veda. Ada yang berpendapat bahwa kamar suci tidak diperlukan lagi apabila sudah memiliki Sanggah Kamulan. Argumentasinya bahwa Sesuunan sudah distanakan di Kamulan. Benarkah demikian?

Secara logika hal demikian terlihat benar adanya. Akan tetapi dalam kenyataannya ada saja orang yang sakit karena tidak memiliki kamar suci. Orang itu tidak memiliki kamar suci dengan dalih sudah memiliki kamulan. Lalu dimana letak kesalahannya?

Menurut seorang Balian Usada, bahwa kamar suci itu tetap diperlukan meskipun sudah memiliki sanggah Kamulan. Kamar suci secara khusus dijadikan tempat menghaturkan persembahan untuk dewanya rumah. Lebih-lebih bagi seorang Balian usada, kamar suci sangat diperlukan keberadaannya, karena disinilah sabda dewa sering turun.

Bagi masyarakat awam, kamar suci memang seakan tidak begitu penting mengingat aktivitas komunikasi dengan dewa itu hampir tidak ada, akan tetapi bagi seorang Balian usada kamar suci sangat disakralkan dan dibutuhkan.

0 Komentar:

Opini Pilihan

Mencari Tulang Manusia ke Kuburan

Ada perintah dari seseorang kepada saya untuk mencari tulang guru (bapak saya) ke kuburan. Saya mulai perjalanan dari pemagpagan (tempat me...

Opini Terbaru

Kategori

Arsip Blog

Popular Posts