e-mail: mupu.merta@gmail.com www.kompasiana.com/mertamupu.co.id

Free Think About Everrything

Larangan Makan Daging Berdasarkan Astrologi

Kedudukan benda-benda di alam semesta, terutama kedudukan bintang-bintang di langit cukup besar pengaruhnya terhadap kehidupan seseorang. Hal ini tak terlepas dari hubungan manusia dengan alam semesta. Dimana manusia (bhuana alit atau mikrokosmos) merupakan miniatur dari alam semesta (bhuana agung atau makrokosmos). Setiap hari kelahiran seseorang dikuasai atau memiliki benda-benda alam semesta masing-masing, seperti pohon/taru, binatang, burung, rasi bintang, bintang, wayang, buta, maya, kala, dan dewa-dewinya.

Dari kedudukan benda-benda alam semesta tersebut dapat melihat berbagai hal dari kelahiran seseorang, seperti watak/karakter bawaan, jodoh, penyakit yang sering diderita, ritual penolaknya, obat, pasang surut kehidupan/rejeki, kematiannya dan daging yang tak boleh dimakan.

Menurut Lontar Wrespati Kalpa, di bawah ini daging yang dilarang dimakan berdasarkan kelahiran:

Redite/minggu: Daging Julit, kakya, labu, kunduh. Bila hal itu dimakan maka penyakit yang sering dialami akan kambuh. Sakit di bahu.

Soma/senin: Daging kerbau, babi belang. Bila dimakan, sakitnya muntah-muntah, mising, sulit buang air besar, lempuyengan (uring-uringan), ngibuk lupa (ngekoh bekerja, pelupa), sakit di bahu, kaki dan pinggang.

Anggara/selasa: Daging anjing, layur. Bila daging itu dimakan maka berbagai penyakit datang.

Buda/rabu: Daging Babi, burung Dara/Merpati, dan Daging Anjing. Bila makan daging itu bila sakit akan parah. Sakitnya sulit buang air besar, mising (muntah ke mulut dan dubur, mencret red), dan sakit lemas lunglai.

Wrespati/kamis: Daging Sapi, Kakya, Udang. Bila daging itu dimakan, sakitnya sering muncul. Sakitnya di hidung kanan, bahu kanan, kaki, lupa, muntah, manlu, mising, mijen, dan lempor.

Sukra/jumat: Daging Kambing, Ayam klawu, Lindung Kakya. Bila itu dimakan banyak timbul penyakit. Sakitnya di perut dan kepala, di kaki, mar, lupa, lesu, kwat lumaku (senang pergi ke rumah orang lain atau enggan berada di rumah).

Saniscara/sabtu: Daging Anjing, daging Ular, banten sisa pengabenan, dan daging Sapi. Bila hal itu dimakan, banyak penyakitnya datang. Sakit di kepala, kaki, di tengahnya, di matanya, anlu mutah mising (muntah-muntah tetapi isi perut tak mau keluar).

Dari uraian tersebut di atas kita temukan daging yang banyak beredar di masyarakat yang sebaiknya dihindari untuk dimakan yaitu daging Sapi, daging Babi, dan daging Anjing. Terlebih lagi ketiga jenis daging ini jelas-jelas dilarang dimakan sebagaimana disebutkan di dalam weda smerti, terutama bagi mereka yang menghendaki kebijaksanaan dan kesucian.

0 Komentar:

Opini Pilihan

Mencari Tulang Manusia ke Kuburan

Ada perintah dari seseorang kepada saya untuk mencari tulang guru (bapak saya) ke kuburan. Saya mulai perjalanan dari pemagpagan (tempat me...

Opini Terbaru

Kategori

Arsip Blog

Popular Posts