Voice Of Merta Mupu

Voice Of Merta Mupu : Cerita Tak Tertata

Motivasi Menulis

Channel Youtube

Ilusi Mimpi ataukah Penglihatan Indra Keenam?

Akhir-akhir ini aku sering melihat orang yang seolah-olah sedang memikirkan aku, hal itu terjadi pada saat tertidur sejenak, tertidur tak lebih dari semenit. Aku menerka-nerka yang aku alami adalah penglihatan indra keenam. Di sisi lain aku menduga adalah sebuah ilusi mimpi.

Aku pernah membaca sebuah tulisan, dikatakan bahwa ketika cakra dalam tubuh lebih aktif maka akan sering mengalami ilusi, sering mimpi tak memiliki makna.

Terlepas dari pandangan itu, aku cenderung meyakini bahwa apa yang aku alami adalah komunikasi pikiran alam bawah sadar ketika pikiran sadar hilang kontak dengan objek di sekitar kita. Hal itu terjadi ketika tidur sejenak, dalam bahasa lokal di Songan disebut 'ngliyer'. Ada yang bisa bantu mendefinisikan ngliyer itu ke dalam bahasa Indonesia?

'Ngliyer' secara sederhana dapat dikatakan sebagai suatu keadaan dimana ketika sedang mengantuk lalu tertidur beberapa detik, kemudian terbangun oleh suatu sebab, baik objek dekat maupun objek diluar jangkauan panca indra. Objek dekat seperti karena ada suara yang membangunkan kita, atau akibat disenggol orang lain. Sedangkan objek diluar jangkauan panca indra adalah objek yang hanya bisa dijangkau indra keenam.

Objek yang dijangkau indra keenam itu agak sulit menjelaskannya, namun dengan contoh semoga pembaca bisa memahami apa yang aku maksud.

Di suatu malam aku bermimpi. Dalam mimpi itu aku melihat tim sukses seorang calon aku pukuli sampai payah dan terjatuh ke sengkedan. Aku pun terbangun. Merasa aneh dengan mimpi itu, aku bertanya-tanya dalam hati; kenapa ya tim sukses itu aku ajak berantem? padahal pilihan aku dan tim sukses itu sama. Tak lama berselang, mataku terpejam, hilang kesadaran sejenak. Ketika kesadaran itu hilang, aku melihat orang tua berpakaian putih agak kumel lewat di tempat berantem dalam mimpi tadi (seperti mimpi bersambung), orang tua itu berkata, 'Jagoan jerone lakar kalah. (Jagoan kamu akan kalah)'. Aku kemudian bangun terkejut, sadar total. Fakta yang terjadi seminggu kemudian jagoanku kalah telak di pilkada.

Kehilangan kesadaran ketika tidur sejenak itulah disebut ngliyer. Pada umumnya ketika seseorang 'ngliyer' dan terbangun terkejut tanpa sebab, asumsi saya bahwa orang tersebut pikiran alam bawah sadarnya sedang aktif terhubung dengan objek lain, seperti sedang kontak pikiran dengan orang lain, dengan kata lain sedang dipikirkan serius oleh seseorang atau sedang dibicarakan orang. Apa bila ketika sedang sadar terjadi kontak dengan objek lain maka terjadi tanda-tanda seperti kedutan, telinga berdenging sejenak, bulu kuduk tiba-tiba berdiri pada bagian tertentu, tubuh terasa hangat pada bagian tertentu, dan lain sebagainya.

Semenjak aku mimpi diberi buku kuno yang katanya berisi ilmu pengawas, semenjak itu adakalanya pada saat ngliyer disertai penglihatan terhadap objek orang. Misalnya kejadian beberapa waktu lalu sehari setelah membuat status tentang kena guna-guna. Waktu itu jam sembilan malam, pada saat hilang kesadaran (ngliyer-red) aku melihat dia sedang manyun seperti sedang membaca sesuatu atau sedang memandang foto. Aku tersadar dan terkejut. Aku menduga gadis yang terlibat dalam statusku itu sedang membaca statusku itu. Gara-gara kejadian itu aku sembunyikan status tersebut agar tidak menjadi masalah yang lebih rumit.

Waktu Galungan agak berbeda, waktu itu aku tidur-tiduran pada siang hari. Pada saat ngliyer, aku melihat dua cewek sedang bercakap-cakap, seperti sedang membicarakanku. Waktu kuningan juga mengalami hal serupa. Saat ngliyer jam setengah sebelas siang, aku melihat cewek tertawa ditahan; tersenyum geli. Aku merasa cewek itu sedang membaca statusku tentang pengalaman lucu ciuman yang ditulis kemarinnya.

Beberapa hari lalu juga sempat mengalami ngliyer disertai penglihatan. Dalam sekejap itu aku melihat orang yang mengabaikan cintaku memakai masker. Aku menduga cewek itu sedang di jalan sedang memikirkan aku. Selain hal itu, pernah juga melihat dia seakan ingin kecup pipiku. Huahaha. GR dulu dikit.

Entah benar atau tidak dugaanku, aku akan pelajari lebih jauh hal ini, meski kelihatannya sepele. Aku menuliskan hal ini bukan untuk pamer namun lebih pada penggalian pengalaman terhadap kerja pikiranku, terutama pikiran alam bawah sadar.

Penglihatan pada saat ngliyer juga sering dialami ibuku, seperti melihat orang tua dan orang itu berkata bahwa bawang merah harganya akan mahal, mendengar kata-kata bahwa akan ada mati salah pati, dan lain sebagainya. Hal-hal itu kemudian menjadi fakta. Sebenarnya banyak orang bisa mengalami hal seperti itu namun tidak percaya dengan apa yang dialami sehingga lama-lama hilanglah kemampuan itu. Atau hilang karena salah dalam bertingkah laku seperti perbuatan melanggar ajaran agama.
Labels: catatan harian

Thanks for reading Ilusi Mimpi ataukah Penglihatan Indra Keenam?. Please share...!

0 Komentar untuk "Ilusi Mimpi ataukah Penglihatan Indra Keenam?"
Back To Top