e-mail: mupu.merta@gmail.com www.kompasiana.com/mertamupu.co.id

Free Think About Everrything

Menasehati Cewek Ingin Bunuh Diri, Lalu Dirayu Ajakin Nikah, Hiks!

Tak terasa detak detik jarum jam terlewati begitu saja hingga larut jam satu malam gara-gara berhaha-hihi via bbm bersama seorang gadis 17 tahun. Gadis ini pernah aku sayangi waktu dia kelas 3 SMP, tetapi waktu itu dia agak cuek, mungkin malu ingin didekati seorang mahasiswa. Begitu pun sebaliknya denganku, aku hanya beberapa minggu saja menyimpan nomor HP-nya karena merasa tidak perlu memperjuangkan dia. Hal itu terjadi karena aku memperjuangkan cewek lain.

Mereka ternyata saling kenal dan satu sekolah. Kedua-duanya bisa dibilang sebagai primdona kelas. Seiring perjalanan waktu, sudah beberapa tahun berlalu, aku sering melihat gelagat dia berubah drastis. Kalau ketemu di jalan, terkadang dia lebih dulu menyapa aku. Sayangnya kalau aku sedikit ngobrol sama dia, selalu bawa-bawa nama temennya yang pernah aku kejar mati-matian.

Sekitar dua bulan lalu, tak sengaja invite pin bbmnya. Entah bagaimana ceritanya, tahu-tahu kontak bbmnya sudah ada di kontak bbm aku. Terkadang aku invite pin asal-asalan, kalau sudah dibilang pin cewek pasti diinvite. Kwewekek. Maklum jiwa muda masih bergelora. Setelah tahu ada kontak pin bbm dia, aku mau Ping, eh duluan dia menyapa aku. Senengnya gak ketulungan, bikin GR. Akhirnya hari-hariku berhaha-hihi dengannya hingga seminggu full.

Pokoknya hampir setiap hari pulang dari kerja jam 5 bbman terus sampai malam, rata-rata sampai jam 11 malam. Hingga akhirnya aku melakukan kesalahan yang membuat dia kecewa. Iseng-iseng aku minta pin BB temennya, dia bilang punya tetapi gak mau ngasih. Besoknya, aku minta bantuan kirim pesan ke temenya itu. Nitip salam.. tahu-tahu dia bilang sudah hapus pin bbm temenya. Dan dia bilang tak sudi kalau saya ngomongin cewek itu, dan dia langsung menghapus kontakku.

Sungguh kaget dibuatnya, aku tak sadar kalau dia sedang cemburu. Berakhir sudah, aku tak hafalin pin bbnya. Jadilah hilang komunikasi. Akan tetapi, entah bagaimana ceritanya beberapa hari lalu, lagi-lagi aku kaget tiba-tiba pin bb dia sudah ada di kontakku. Mulailah berhati-hati untuk chat dengannya, takut kesalahan itu terulang.

Mulai kambuh lagi chat berlama-lama. Jadilah bercuap-cuap ria, namun ternyata dia sedang menghadapi masalah dengan keluarganya hingga dia ingin bunuh diri. Aku sedih jika cewek yang aku suka ternyata jiwanya rapuh. Ah, sudahi dulu pengantarnya, langsung saja ke chatnya sbb;

Merta Mupu: Beli nak demen ajak putu kona jew..
Putu Indah: Arooo mcenihh,,,wak tua kene nii hahahaaa*Rotfl*
Merta Mupu: Ngaji ngorahang tua.. melahang kecantol ken bli nyaan.
Putu Indah: Ahaha sg,,beli saa cntolinn haha,,,kola sg bli nggn ilmu hitam.
Merta Mupu: Miihh.. bli sing demen pakai ilmu hitam. Sebeng beline nu kanggo jew. Liu ceweke demen kola bli ink demen.
Putu Indah: Ow nhnh santaee lee arooo,,tgang tgang ktow,,naik darani ba je ,,okok inguh lana kn tynk ne cieee ada yg lgi mrahh nii.

Merta Mupu: Jujur, beli nak ngelah rasa kona jew.. tapi ada cowok nuturang, putu telu kone ngelah cowok. Belum lagi cowok simpanan. Areehh.. ngudyang ketong ibane dii.(Ngarang, biar dia penasaran)
Putu Indah: Nyn nturangg??
Merta Mupu: Soal itu rahasia. Jelek sebenehne liu ngelah cowok.
Putu Indah: Aaaaa gbuhh kto bnguti n nturang dii leeee,,,
Merta Mupu: Doonga saja takeh.. tapi mudah-mudahan pang sing. Biar gak salah bli mengagumi cewek.
Putu Indah: Nyn lna ntur lee,,orng apaa sing leee
Merta Mupu: Beli ada janji sama cowok itu untuk tidak memberitahu orang lain. Bli gak mau ingkar janji, Dosa tahu...
Putu Indah: Arooo

Merta Mupu: Ngidih foto sik deh geg.. foto dp putune kejang cenik-cenik ketow ink jelas.
Putu Indah: Sing,,oraang mlu ne ngoraang tynk lyu nglh cwokk tooo.
Merta Mupu: Begini loh geg.. kalau misalnya tidak benar punya cowok banyak, tak usah sakit hati. Biar orang bilang apa tentang putu, yang penting putu tidak playgirl.
Putu Indah: Bngpa,,,,kuang servis,aa bnguti ne nuturang too eee,,,twang nyn ,jg godor bnguti jnt ,,antm cank yee dni lngsng mtii yeee
Merta Mupu: Da jew ngomong kasar keto. Jelek gati yen cewek ngomong kasar..
Putu Indah: Baangpa eeee
Merta Mupu: Gak baik geg.. cowok-cowok paling mudah ilfeel sama cewek ngomong kasar. Baik secara langsung maupun melalui media elektronik seperti hp.
Putu Indah: O
Merta Mupu: Bli mengatakan yang sebenarnya demi kebaikanmu, geg.

Merta Mupu: Idih jew fotone sik deh..
Putu Indah: Ahhh
Merta Mupu: Kamu akan nyesel gak mau ngasih foto..
Putu Indah: Nyesel?
Merta Mupu: Bli tahu hal rahasia apa yang pernah putu lakukan dengan cowok. (Ngarang lagi, tebak-tebakan)
Putu Indah: Kok gtuu, Apa sih leeee?
Merta Mupu: Pokoknya hal rahasia.. Melahang jew ngaba ibane awak nu cenik. Da kola demene jalananga.
Seorang wanita kalau tidak bisa menjaga kesuciannya maka aura kecantikannya hilang sehingga tidak menarik di mata cowok. Yang datang malah cowok gak beres.
Putu Indah: Aroo mceni ajk nyn raa awke maaan maang ksucian awke neeww,sja awke maaan mdiman dgn jk mantane pdn tohh nee.
Merta Mupu: Haha.. ngaku masi ee. Cuman tow dogen tawang bline jew.
Jaga diri baik-baik na geg.. banyak cewek sekarang mudah melepas keperawanannya karena ketidaktahuannya

Putu Indah: Nahh lee makshh nhaa leee,,jjr jak beli dgn tynge ne leeee,,mann mdman jaka mepulk dgn tynge jak mntane leeee,,bn mpeluke too d dpann tmpl" tyngee leee
Merta Mupu: Yen cewek kehilangan kesuciannya jug hilang aura kecantikannya. Melahang gen ngaba ibane.. awak nu cenik, nu masuk.
Putu Indah: Maaaann ajkna ktemuan dogn ka langsng suudiin gn nee,,,maaturang taen pdn brng
Putu Indah: Ow nhnh leeee,,,

Merta Mupu: Liu cewek-cewek jani salah jalan karena tidak tahu dampak negatif dari hilangnya kesucian sebelum menikah. Cewek mengira kalau hilang kesucian maka tidak ada yang akan tahu, padahal hampir setiap cowok bisa menilai seorang wanita masih suci atau tidak. Celakanya, kalau kehilangan kesucian selain kehilangan aura kecantikan, juga menjauhkan lelaki yang baik, dan yang datang malah lelaki tidak beres.
Putu Indah: Preeett ,,bnehh too leeeee,,bli nu jhe suci=-d
Merta Mupu: Ken uli empat tahun sing ngelah tunangan jew, demi menjaga diri dari hal-hal tidak baik. Tapi perlu diketahui, kekuatan lelaki ada pada harta dan keberaniannya, sedangkan letak kekuatan seorang wanita ada pada kecantikan dan kesuciannya. Kalau cowok miskin pasti diabaikan cewek sedangkan cewek tak suci pasti dipandang sebelah mata sama lelaki.
Putu Indah: Amen tynk sg ,,,sg mandang harta ,,dpe yaa bek nglh arta masii sg cnk bnga awke ,,lbh baik ne mskn,,ddi ajak mlcur"ang amn sgh nggoang kta ,,,mmtra nunggl wai.

Putu Indah: Leeee,tynge jni bk gti nglh mslh bng pndapt leee
Merta Mupu: Masalah apa na geg?
Putu Indah: Kne nehh leeee,,nang ling 3 blan ba tyg,e pt kna mnyi,,btek kping tynge maan mnyi bha lee,,,bdk" plh ,,yn kno knoang tynge amenene nulungn bha meme bpa mgaee,,,kola prgt bnga mnyi,apa jg rcune ba mak men kene ne leee
Merta Mupu: Eehh da saane keto. Geg.. sebenarnya pengorbanan orang tua itu luar biasa. Coba bayangkan, dari kecil kita diasuh mereka sedangkan kita disuruh bekerja sedikit saja sudah merasa terbebani. Sedangkan mereka banting tulang untuk membesarkan kita. Suatu saat putu akan mengerti hal ini jika sudah berumur di atas 23th.
Jika kita ingin hidup bahagia di masa tua atau setelah menikah, coba kita lakukan hal terbaik untuk mereka.
Da saane nyemak pemineh ane tedong-tedong. Kalau kita misalnya bunuh diri maka kita akan menderita setelah kematisn, masuk ke alam neraka kegelapan. Dan konyolnya, keluarga hanya sedih beberapa bulan. Orang lain hanya mengantar kita sampai kuburan.
Coba lihat mereka yang mati, cuma sebentar ditangisi.
Sedangkan orang yang mau berbakti kepada orang tuanya mereka akan hidup bahagia kelak. Bahksn kebahagiaan itu bisa dapatkan saat ini. Dimana ketika kita suka menentang orang tua segala keinginan kita tak tercapai. Demikian sebaliknya, ketika kita bisa menghormati orang tua setulus hati, rencana kita bisa berjalan lebih mulus dan cita-cita mudah tercapai.
Oya, pebedikin meplaian hp-ne. Hp telah banyak menghancurkan hidup seseorang.

Putu Indah: MeHpean tua pteng"i dgn,,,,lee nk mnyin mm bpa ne jg nyenget"
Merta Mupu: Yen opeta.. coba jew ngomong secara terbuka. Kola halusin ngomonge. Orahang sedih yen opeta, orahang masi cara sing mearti hidupe. Da saane sambil ngeling.. ngomonge cara mecanda kola seken atau serius.
Putu Indah: Aro ,mn tynk opta kola megendingang,,,mn b bba mara ngeling
Putu Indah: Meee,,,bn pok greeng mme tyg e cnk ngentulng ibn ,,tukad paekkk ngji ktong gn nee,,mahh nke klan ktnga
Merta Mupu: Yen ketonga da saane saja ngentungang iban. Uluk-uluk nagih pok.
Misalne ngaji ngutang surat misi pesan sing baang ngalih. Mungkin sudah ke dunia lain. Ketong.. anu meburuh nang awai di anake.
Bli ken maan ngetong keluargabe. Jug onyaang ranga ngeling. Sampai bli aliha ke denpasar.
Kola kakan bline ba pedalem, kantih ke denpasar ngalih bli. Aeng legani bani bli nu hidup. Hehehe..
Putu Indah: Arooo mn tynk kto lantas sg aliaaa,,,,yesss kto onya juun,,lga lga keneni kluargn tynge mn tynk b mti
Merta Mupu: Jaa jew.. sejahat-jahatnya orang tua, pasti sedih ketika anaknya hilang.
Pidan, bli lakar masuk di denpasar ke pangelingia ken meme.
Putu Indah: Bli sayanganga,,,tynk usg
Merta Mupu: Pesan suara
Putu Indah: Aroo bleee bleeee,,,ada wk sdihh ya jg jgg jgg
Merta Mupu: Guru ajaka meme da sangeta. Yen durhaka ken orang tua keweh hidupe di ngelah kureni jew..
Melajah malu menghormati orang tua, belajar berbhakti dengan tulus. Dengan cara itu semoga setelah menikah akan hidup bahagia.
Yen ba tamat, ajak bli nganten wis.
Putu Indah: Jni ba cnk ngantn jhee
Merta Mupu: Huaha.. tamatang malu masuke. Anu tua bin akejep. Bli enggal masi tamat ba jew.

Putu Indah: Tynk aden mti sja kn nganten jnine
Merta Mupu: Eehh da jew ketow. Adian ajak bli nganten maih. Bareng-bareng hidup suka duka sama bli.
Putu Indah: Aaaaaa blinehh,,,bli ba anggp tynk bli kandung tyg,e jeee leeee
Merta Mupu: Tow ba luung. . Pang ada tutur nganten ajak nyama kandung ee. *Rotfl*
Geg.. jujur bli sedih kalau putu mudah menyerah seperti itu. Bli ingin melihatmu kuat menghadapi hidup ini, berbhakti sama orang tua.
Coba bayangkan seandainya meme atau guru tiba-tiba mati. Pasti kita akan menyesal belum sempat membalas kebaikan mereka.
Putu Indah: Sjaaaa,,,aaahhaaa,sg ada ttr mnyama nganten,,,
Merta Mupu: Bani sing ada ba kita yang membuat cerita baru. Tutur mara, tutur modern, *Rotfl*

Putu Indah: Preeeettt,,,sissipp junt
Merta Mupu: Apa sanga ngeranaang sisip? Anu menyama kandung cuma sebatas anggapan, sedangkan aslinya cocok untuk saling mencintai, cocok nganten. Putu jegeg, bli masi kanggo. ({})
Putu Indah: Hahhaaaaaa tynk nu cnikk leeee,,urusn ngantn bn pdn ,cnk mask luu ,,mn bha jdohh
Merta Mupu: Good.. keto mara luung. Lega keneh bline mirengang. Yen ba tamat ajak bli hidup bareng-bareng. Bani ngantyang jew..
Ngidih foto ane luung malu sik deh.. mau bli jadikan Dp.
Putu Indah: Ahh daa leeee
Merta Mupu: Engken na? Pasti takut ada yang cemburu..
Putu Indah: pesan suara berupa lagu
Putu Indah: Yeeee passs ,,,kisah blii jak W*d* A*n*.
Merta Mupu: Hahaha.. bli ba suud ngenemin jelema laketo-laketo jew. Cewek yang gak tahu diuntung. .
Putu Indah: Pireng jhe voice note leee? Leeeee sja ke bni ngntynk nee??
Merta Mupu: Agak krebek-krebek..
Saja eeh. Ngudyang sing. Asalkan putu bisa menjaga diri, bisa menghormati orang tua. Karena hal itu sebagai sumber yang bisa membawa seorang wanita menuju kebahagiaannya kelak.
Putu Indah: Ahaha da sja ktw leee,,,ngji ngantynk" ktoo preeetttt,,,mn maaan adenn enggl" ngntenn leee,,,tua truna nyann leee*Rotfl* =-d =d
Merta Mupu: Menunggu cuma satu setengah tahun itu cuma sebentar. .
Waktu itu cepat berlalu kalau kita nikmati. Sambil menunggu putu, bli ngalih gae malu sekenang.
Putu Indah: Aroo blinehh,,,da ktw leee,,tynge nk cnk ajk ank ne demenn bn pdan ngantenn
Merta Mupu: Nanti kan demen ken bli. Walau sekarang mungkin baru sebatas suka. Seiring perjalanan waktu, perasaan itu pasti berubah.
Putu Indah: Leeeeee,,,jg ckck nyan leee,,,
Merta Mupu: Kabuurrr..
Putu Indah: Aroooo

Putu Indah: Leeee mn bli cnk ntur kne jk ttynk,percuma
Merta Mupu: Catatan suara terkirim
Putu Indah: Tynk jni lega sja leee,,,tka jlkk kneh tynge ndn jg sjaang bline agn sate jun
Merta Mupu: Ooo.. mento malu curhat ba na teet geg. Bli mau bobok dulu. Met tidur dedekku yang manis senyumnya. Cuup muah!=*
Putu Indah: Nhnh bli ku yg mce,
Putu Indah: da antyanga tyg,e na leee,,tkt tyg,e yn kt leeee,,munyin bleene ne busn nu pikir sing dadi tidur knti
Merta Mupu: Biarkan waktu yang menjawab. Kita hidup sebenarnya sudah ada yang mengatur sesuai karma kita. Met bobok aja.. Love You.

0 Komentar:

Opini Pilihan

Mencari Tulang Manusia ke Kuburan

Ada perintah dari seseorang kepada saya untuk mencari tulang guru (bapak saya) ke kuburan. Saya mulai perjalanan dari pemagpagan (tempat me...

Opini Terbaru

Kategori

Arsip Blog

Popular Posts