Voice Of Merta Mupu

Voice Of Merta Mupu : Cerita Tak Tertata

Motivasi Menulis

Channel Youtube

Mandi dengan Api

Mandi Setengah Sebagai Penyucian

Saya sering melihat guru (bapak) mandi hanya setengah ketika hendak sembahyang harian setiap pagi dengan mempersembahkan ‘canang sari’; Beliau hanya membersihkan tubuhnya sebagian. Tangan hanya dibersihkan dari siku sampai jari tangan, kaki dibersihkan dari lutut ke bawah, bagian atas hanya mencuci wajah.

Melihat kebiasaan beliau seperti itu, kadang dalam hati bertanya-tanya; apakah tidak berdosa jika hanya mencuci sebagian tubuh kemudian berdoa kepada dewa atau pun Tuhan apabila malam harinya melakukan hubungan suami istri? [Note: Tidak dibenarkan sembahyang setelah berhubungan seks tanpa mandi]

Meski kadang protes dalam hati, tapi tak pernah berani mempertanyaknnya. Tapi ternyata apa yang dilakukan guru/bapakku tidaklah salah. Beberapa waktu lalu, saya pernah membaca buku bahwa seseorang bisa melakukan penyucian diri dengan mandi setengah, seperti apa yang guru lakukan.

Mandi setengah bisa dilakukan apabila tidak memungkin untuk mandi sepenuhnya. Bahkan mandi sebenarnya tidak hanya menggunakan air. Ada beberapa perbuatan yang dianggap mandi dalam ajaran Hindu; seperti mandi dengan abu, debu/tanah, api.

Mandi dengan Api

Mandi dengan api sebenarnya sudah biasa kita lakukan saat sembahyang di Pura, hanya saja bersifat simbolik dengan menggunakan Dupa, biasanya hanya tangan yang disucikan menggunakan dupa, padahal seharusnya wajah juga . Mandi Api dilakukandengan 'ngayab' api ke wajah. Misalnya ketika pulang dari kuburan, kita ayabang api dapur ke wajah.

Jika mandi dengan abu itu dengan melumuri tubuh dengan abu, seperti para Yogi di Himalaya, begitu juga mandi dengan debu atau tanah, melumuri tubuh dengan tanah/debu. Lalu bagaimana mandi dengan Api?

Mandi dengan api sebenarnya sudah ada dalam masyarakat, hanya saja tidak begitu jelas karena dilakukan dengan simbolik. Terutama ketika mulai sembahyang di pura yaitu dengan mensucikan tangan dengan asap dupa; 'asepin tangan kara kalih'. Penyucian dengan Api ini sebenarnya tidak hanya pada tangan melainkan juga pada wajah/tubuh; asap dupa 'ayabang' ke wajah/tubuh bagian depan. 

Indekos, saya biasanya juga sembahyang menggunakan lilin, di awal sembahyang, api lilin raup arahkan ke wajah. Tujuannya ada 3: pertama sebagai penyucian, kedua sebagai sarana pemusatan pikiran, dan ketiga sebagai sarana upa saksi persembahyangan atau doa.

Di desa saya, mandi dengan api juga dilakukan ketika upacara pernikahan; dimana pengantin disembur dengan api menggunakan minyak wayang. Tujuannya tiada lain sebagai penyucian pengantin yang dianggap cuntaka/kotor. 

Mandi dengan api dapat juga dilakuan ketika pulang dari kuburan habis mengantar mayat maupun setelah mengikuti upcara ngaben. Ayabang/usapkan api dapur ke wajah/tubuh sebanyak 3 kali.

Lalu ada yang bertanya; apakah habis melayat langsung ke dapur? Kenapa gak pakai korek gas atau hidupkan korek api, lalu ayabang ke wajah, kan beres, gak ribet nyari dapur. Apa boleh kita abis melayat cukup pakai korek api atau korek gas aja untuk mandi dengan api?

Jawaban:
Dalam setiap pelaksanaan aktivitas keagamaan tergantung pada lima hal; Iksa [tujuan], Sakti [kemampuan], desa [tempat/wilayah], kala [waktu], tattwa [kebenaran, filosofi].

Atas pertanyaan di atas, hal itu erat kaitannya dengan 'Desa' atau tempat. Artinya tempat sangat menentukan dari kualitas penyucian. Penyucian yang dilakukan di sungai suci berbeda kualitasnya dengan mandi di kamar mandi, penyucian di tirta kelebutan berbeda kualitasnya dengan penyucian di pancuran yang sudah jauh dari sumber kelebutan. Penyucian di laut berbeda kualitasnya dengan penyucian di danau.


Dengan analogi seperti itu maka dapat diambil kesimpulan bahwa penyucian dengan api di dapur berbeda kualitasnya dengan hanya menyalakan korek gas. Sama halnya sembahyang di pura dengan di rumah. Sembahyang bersama dengan sembahyang sendiri. Pahala yang dijanjikan Tuhan sangat berbeda.
Labels: diskusi Hindu

Thanks for reading Mandi dengan Api. Please share...!

0 Komentar untuk "Mandi dengan Api"
Back To Top