e-mail: mupu.merta@gmail.com www.kompasiana.com/mertamupu.co.id

Free Think About Everrything

Sembahyang Wajib

Membaca berita tentang ajakan sholat tiga waktu (mungkin seperti tradisi Islam Telu di lombok), jadi pengen ngoceh sedikit tentang sembahyang wajib menurut ajaran Hindu.  Dalam ajaran Hindu, banyaknya sembahyang itu mulai dari 7 kali, 5 kali, 3 kali, 2 kali dan 1 kali.

Namun yang perlu digaris bawahi, sembahyang wajib menurut kitab suci Manawa Dharmasastra hanya dua kali (Dwi Sandya), pada pagi hari sebelum matahari terbit dan sore hari sebelum matahari terbenam. Sembahyang pagi untuk menghapus dosa tak sengaja pada malam hari, sembahyang sore hari menghapus dosa yang dilakukan siang hari.
Menurut kitab Siva Purana, sembahyang dapat dilakukan 3 kali; pada pagi hari sebagai sembahyang wajib, dilakukan dengan iklas, tanpa mengharapkan apa-apa kepada Tuhan, ini merupakan jalan bhakti.


Sedangkan sembahyang siang hari, sembahyang untuk memenuhi keinginan, dan sembahyang sore untuk hal-hal magis, seperti mengusir kekuatan jahat, mengobati, dll. Pada hakekatnya, kitab Siva purana mengajarkan sembahyang wajib hanya sekali yaitu pada waktu pagi, yang disebut sebagai Brahma Muhurta; waktu terbaik memuja Tuhan (jam 3 sampai jam 6 pagi).


Bhagavad Gita tak menyebutkan berapa kali kewajiban sembahyang, akan tetapi Bhagavad Gita menegaskan bahwa; lebih baik sibuk dengan kegiatan untuk kepentingan orang banyak, tetapi selalu ingat dengan Tuhan daripada pura-pura sibuk memuja Tuhan tetapi pikiran ada dimana-dimana. Rajin sembahyang sampai 5 kali tapi pikiran ada di tempat kerja, di kantor, bahkan pikiran memikirkan hal porno; ini dianggap dosa. Hahahaha..
Ajaran Hindu itu sederhana dan logis.

Lanjut diskusi
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10202519477548079&id=1829696790&refid=17&_ft_&__tn__=*s

Opini Pilihan

Mencari Tulang Manusia ke Kuburan

Ada perintah dari seseorang kepada saya untuk mencari tulang guru (bapak saya) ke kuburan. Saya mulai perjalanan dari pemagpagan (tempat me...

Opini Terbaru

Kategori

Arsip Blog

Popular Posts