e-mail: mupu.merta@gmail.com www.kompasiana.com/mertamupu.co.id

Free Think About Everrything

Upacara Cukur Rambut Anak

MUNDANA SAMSKARA

Ayamagantsavita ksurenosne na vaya udakenehi,
Aditya rudra vasava undantu sacetasah somasya rajno vapata pracetasah.
(Atharvaveda: 6.68.1)

Wahai tukang cukur yang ahli (ayamsavita), datanglah (agan), dengan alat cukur (ksurena). Seperti angin (vayo) yang membawa air, datanglah membawa air hangat (usnena udakena ehi). Para cendekiawan (sacetasah) dan Brahmacari, yaitu Aditya, Rudra dan Vasu Brahmacari (aditya rudra vasavah) memberi anugerah kepada anak ini. Para ahli (pracetasah) mencukur anak (vapata) yang tenang dan bercahaya ini. 

‘Wahai tukang cukur rambut yang ahli, datanglah dengan alat cukurmu. Seperti angin yang datang membawa air embun yang hangat demikian juga engkau datang dengan air yang hangat. Para cendekiawan dan brahmacari yaitu Aditya, Rudra, dan Vasu, semoga semuanya memberi rakhmat kepada anak ini. Para ahli tukang cukur rambut mencukur rambut anak yang tenang dan bercahaya ini’.
Upacara Cukur Rambut Anak

Samskara kedelapan adalah Mundana Samskara.Mundana”, berarti tidak memiiki rambut atau gundul. Dengan dilaksanakannya samskara tersebut, rambut anak sebaiknya dipotong. Dalam mantra di atas terdapat kata usne na udakenehi yang berarti potonglah rambut dengan air yang hangat. Dengan demikian, diharapkan bayi tidak terluka dan terinfeksi alat cukur. 

Menurut Asvalayana Grhasutra, samskara kedelapan dilaksanakan pada tahun ketiga (1-17-1) trtiye varse caulam. Tetapi Paraskara Grhasutra (2-1-1) meyebutkan bahwa samskara tersebut juga bisa dilakukan setelah satu tahun (samvatsarikasya cudakaranam). Pada umumnya anak yang berusia enam sampai tujuh bulan sudah mulai tumbuh gigi. Saat usia tersebut anak biasanya mengalami sakit kepala, diare, rewel (menangis terus menerus) dan sebagainya. Untuk mengurangi hal-hal semacam itu, rambut anak sebaiknya dipotong agar kepalanya sejuk dan ringan. 

Mundane samskara berhubungan pula dengan perkembangan otak, terutama celebrum dan cerebellum, sampai sempurna. Setelah tiga tahun rambut yang dianggap kotor tersebut bisa dipotong sehingga tumbuh rambut yang baru serta berbagai macam penyakit kulit dapat dihindari. Pentingnya rambut bayi dipotong dijelaskan dalam Atharvaveda bahwa untuk mendapatkan umur panjang, rambut sebaiknya dipotong terlebih dahulu (6-8-2 :Dirghayutvaya). 

Dalam agama Hindu, konsep gundul memiliki makna khusus karena terdapat dalam salah satu Upanisad, yaitu Mundakopanisad. “Mundaka” , berarti orang yang telah menjadi gundul. Dalam konsep Catur Asrama seorang samnyasi tidak boleh memelihara rambut. Bahkan dalam Upanisad disebutkan bahwa Brahmavidya (pengetahuan tentang Tuhan) boleh diberikan kepada orang yang telah gundul (Sirovrata: 3-10). Orang gundul yang dimaksud adalah orang yang sudah melepaskan segala ikatan keduniawian dan memperoleh Vairagya.
 
Mantra di awal tulisan ini sebaiknya diucapkan sebelum memotong rambut. Melalui mantra tersebut dimohon supaya para Brahmacari, yakni Aditya, Rudra, dan Vasu yang memiliki kekuatan istimewa, memberikan anugerah kepada anak agar selalu bahagia dan memperoleh ketenangan dalam kehidupannya.

0 Komentar:

Opini Pilihan

Mencari Tulang Manusia ke Kuburan

Ada perintah dari seseorang kepada saya untuk mencari tulang guru (bapak saya) ke kuburan. Saya mulai perjalanan dari pemagpagan (tempat me...

Opini Terbaru

Kategori

Arsip Blog

Popular Posts