e-mail: mupu.merta@gmail.com www.kompasiana.com/mertamupu.co.id

Free Think About Everrything

Sloka-sloka Niti Sataka

  • Sloka-sloka Niti Sataka
    Bacalah beberapa Sloka Niti Sataka di bawah ini, yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam kehidupan.

    7. YADAKINCI JJNYOAHAM DVIPA IVA MADANDHAH SAMABHAVAM, TADA SARVAJNO ASMITYA BHAVADA VALIPTAM MAMA MANAH, YADA KINCITKINCID BUDHAJANA SAKASADAVAGATAM, TADA MURKHOASMITI JVAR IVA MADO ME VYAPAGATAH.

    Ketika menguasai sedikit pengetahuan, aku bagaikan seekor gajah yang mengamuk, penuh dengan keangkuhan dan merasa paling tahu segalanya, tetapi ketika mulai bergaul dengan orang-orang bijaksana, maka kesombonganku perlahan-lahan mereda bagaikan demam, dan akhirnya menyadari bahwa aku adalah orang bodoh.

    9. SIRAH SARVAM SVARGAT PASUPATISIRASTAH KSITIDHARAM, MAHI DHRADUTTUNGADAVANIMAVANESCAPI JALADHIM, ADHO ADHO GANGEYAM SA PADAMUPAGATA STOKAMATHAVA, VIVEKA BHRASTANAM BHAVATI VINIPATAH SATAMUKHAH.

    Bagaikan sungai Gangga yang mengalir dari swargaloka dan jatuh diatas kepala Dewa Siwa, kemudian jatuh lagi di puncak Himalaya, kemudian jatuh ke bumi dan mengalir kelaut hingga mencapai tempat terendah. Demikian pula manusia yang telah kehilangan kesadarannya, akan jatuh dengan ratusan cara.

    15. KEYURANI NA BHUSAYANTI PURUSAM HARAH NA CANDROJJVALAH, NA SNANAM NA VILEPANAM NA KUSUMAM NALAM KRTAH MURDHAJA, VANYEKA SAMALANKAROTI PURUSAM YA SANSKRTA DHARYATE, KSIYANTE KHALU BHUSANANI SATATAM VAG BHUSANAM BHUSANAM.

    Bukan karena kilauan gelang atau kalung permata, bukan karena kemewahan pakaian, bukan karena bau yang wangi, bukan pula karena bunga yang harum, melainkan karena ucapan halus dan baiklah yang membuat kecantikan seorang wanita. Semua busana yang lain akan sirna, karena ucapan yang baik dan benar adalah perhiasan yang sesungguhnya

    16. VIDYA NAMA NARASYA RUPAMADHIKAM PRACCHANNA GUPTAM DHANAM, VIDYA BHOGAKARI YASAH SUKHAKARI VIDYA GURUNAM GURUH, VIDYA BANDHU JANO VIDESA GAMANE VIDYA PARA DEVATA, VIDYA RAJASU PUJYATE NA HI DHANAM VIDYA VHINAH PASUH.

    Pengetahuan adalah kecantikan manusia yang paling agung dan merupakan harta yang tersembunyi. Ia adalah sumber dari semua kesenangan, kemashuran, kebahagiaan. Ia adalah guru dari semua guru dan menjadi sahabat di negeri asing. Pengetahuan bagaikan Dewa yang dapat mengabulkan setiap keinginan. Pengetahuanlah yang dihormati para raja, bukan kekayaan. Oleh karena itu, manusia tanpa pengetahuan yang benar,adalah rendah

    bersambung http://www.hukumhindu.com/2011/09/niti-sataka-beberapa-sloka-tuntunanuntuk-kehidupan-sehar-hari/

0 Komentar:

Opini Pilihan

Mencari Tulang Manusia ke Kuburan

Ada perintah dari seseorang kepada saya untuk mencari tulang guru (bapak saya) ke kuburan. Saya mulai perjalanan dari pemagpagan (tempat me...

Opini Terbaru

Kategori

Arsip Blog

Popular Posts